Caleg Meninggal Dunia, KPU Siantar Akan Sebar Pengumuman di TPS

KPU Kota Pematangsiantar Daniel Dolok Sibarani memastikan tidak ada pergantian nama calon legislatif bagi (caleg) yang meninggal dunia

Caleg Meninggal Dunia, KPU Siantar Akan Sebar Pengumuman di TPS
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Ketua KPU Kota Siantar Daniel Dolok Sibarani saat ditemui di kantronya, waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar Daniel Dolok Sibarani memastikan tidak ada pergantian nama calon legislatif bagi (caleg) yang meninggal dunia

Daniel rkait meninggalnya Caleg PD untuk DPRD Siantar tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar, Daniel Dolok Sibarani menyampaikan ungkapan duka atas meninggalnya Efendi Tambunan.

Kata Daniel caleg yang meninggal dunia telah masuk dalam daftar calon (legislatif) tetap (DCT). Sehingga, nama tersebut telah terdata di KPU RI untuk percetakan surat suara. Ia menjelaskan pergantian caleg hanya bisa 13 hari sebelum penetapan DCT. 

“Kalau sudah DCT tidak bisa diganti,”ujar Daniel, Selasa (12/2/2019). 

Daniel mengungkapkan peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018. 

Namun, KPU akan tetap menghitung suara pemilih yang memilih caleg yang telah meninggal dunia. Suara tersebut, kata Daniel akan dialihkan ke suara partai caleg yang meninggal dunia.

"Bila nantinya ada yang memilih, maka suara masuk ke suara partai,”ungkapnya. 

KPU akan menerbitkan surat edaran tentang pemberitahuan caleg yang meninggal dunia di Tempat Pemilihan Suara (TPS). Pemberitahuan itu akan dilakukan jika perwakilan Dewan Perwakilan Cabang/Daerah Siantar menyampaikan dengan resmi. 

Seperti diketahui, Effendi Tambunan calon legislatif Kota Pematangsiantar meninggal dunia Senin (11/2/2019). Effendi merupakan caleg momor urut 7 dari daerah pemilihan 1 dari Partai Demokrat. Dikabarkan, Effendi Tambunan meninggal dunia karena sakit.

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved