Breaking News:

Newsvideo: 61 Hari Jelang Pencoblosan Pemilu 2019, KPU Koordinasi Pengamanan ke Mapolres Binjai

Polri menyatakan netral dalam pelaksanaan yang memang diamanatkan sesuai aturan dan perundang-undangan.

Penulis: Dedy Kurniawan |
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Komisioner KPU Binjai beserta Sekretaris KPU mendatangi Mapolres Binjai dalam rangka koordinasi antar instansi 60 hari menjelang ‎Pemilu 2019. Kedatangan lima komisioner disambut langsung oleh Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto di ruang kerjanya, Jumat (15/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Komisioner KPU Binjai beserta Sekretaris KPU mendatangi Mapolres Binjai dalam rangka koordinasi antar instansi 60 hari menjelang ‎ Pemilu 2019.

Kedatangan lima komisioner disambut langsung oleh Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto di ruang kerjanya, Jumat (15/2/2019)

Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto menyambut ramah dan membuka pembicaraan dengan pernyataan siap mendukung berlangsungnya demokrasi yang tinggal 60 hari lagi dapat berjalan baik, lancar, adil dan aman.

Kata Nugie, Kapolres karib disapa, bahwa Polri menyatakan netral dalam pelaksanaan yang memang diamanatkan sesuai aturan dan perundang-undangan.

"Kami siap mendukung demokrasi dan netral sesuai peraturan undang-undang. Terimakasih atas kehadiran rombongan Komisioner KPU Binjai. Kita terima di sini untuk kunjungannya dalam rangka silaturahim," ujar Taruna Akpol 2000 ini.

Kapolres Nugroho mengajak agar seluruh jajaran KPU Binjai dapat sama-sama bekerja di lapangan. Korps Tri Brata siap mengamankan jalannya pesta demokrasi dan mengirimkan personel turun langsung sesuai kebutuhan KPU.

"Kami siap mengirimkan personel tambahan untuk menjaga Kantor dan Gudang Logistik KPU Binjai. Tujuannya, agar Pemilu 2019 dapat berjalan dengan kondusif. Kita dukung. Semoga berjalan dengan baik, lancar, adil dan aman dalam pemilu legislatif dan capres serta cawapres. Kita mitra kerja, saling mendukung pelaksanaannya," ujarnya.

‎"Intinya kita dukung kegiatan KPU. Yang penting kita harapkan, pesta demokrasi berjalan dengan baik," pungkas Nugie.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU Binjai, Zulfan Effendi mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Nugroho atas sambutan hangat audiensi yang turut dihadiri para perwira yang menjabat kasat-kasat unit Polres Binjai.

Dijelaskan Zulfan, nengingat hari H pemungutan suara tinggal dua bulan lagi atau 60 hari lagi, jajaran koordinator di setiap divisi dan sekretaris pada KPU Binjai ikut dalam audiensi‎. Dia juga meminta data indeks kerawanan pemilu kepada polisi pada kecamatan yang ada di Kota Rambutan.

Zulfan menjabarkan, target partisipasi pemilih oleh KPU Binjai sebesar 77,5 persen.
Zulfan optimistis target ini dapat diraih lantaran Pilgub Sumut 2018 partisipan mencapai 66,6 persen

"Kami berharap, intinya petugas kita di KPPS nanti dapat benar-benar merasa nyaman. Kami juga selalu minta masukan dan saran. Ada yang saran agar supaya nanti di lokasi TPS jangan ada atribut OKP," kata Zulfan.

Zulfan juga merunut sejumlah kinerja yang telah dilaksanakan dan juga proyeksi target KPU pada hari H dan setelah hari H Pemilu 17 April 2019. Begitu juga, Zulfan menjelaskan terkait jumlah personel yang dibutuhkan sesuai juklak juknis PKPU.

"Kita KPU Binjai 718 TPS, dimana dua personel dibutuhkan untuk menjaga 4 TPS. 27 Februari sampai 1 Maret nanti, KPU melihat dan meninjau pencetakan surat suara. 2 Maret sampai 9 Maret melakukan pelipatan surat suara dan sortir. 8 sampai 16 Maret mulai melakukan pengepakan atau packing. 2 hari jelang pemungutan suara, baru melakukan distribusi logistik ke kelurahan. Harapannya, (Polres Binjai) bisa membantu mengawal (distribusi) logistik yang ada di KPU Kota Binjai ke setiap kelurahan," pungkasnya.

(dyk/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved