Kejati Sumut Dirikan Posko Bantu Tangani Perkara Pemilu 2019, Ini Kontak yang Bisa Dihubungi

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara membuka layanan posko Pemilu 2019. Hal itu dapat dilihat dari spanduk

Kejati Sumut Dirikan Posko Bantu Tangani Perkara Pemilu 2019, Ini Kontak yang Bisa Dihubungi
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Spanduk Posko Pemilu di Gedung Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara 

TRIBUN-MEDAN.com - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara membuka layanan posko Pemilu 2019. Hal itu dapat dilihat dari spanduk yang dibentangkan di pagar Gedung Kejati Sumut yang beralamat di Jalan Jenderal AH Nasution No. 1C Kelurahan Pangkalan Masyhur, Medan Johor, Kota Medan tersebut.

"Baru seminggu (spanduk) itu dibentangkan. Jadi peran kejaksaan adalah membantu mengawasi dan menangani perkara tindak pidana pemilu bersama tim dari Sentra Gakkumdu," ujar Kasi penerangan Hukum (Kasipenkum) Sumanggar Siagian.

Tim yang dibentuk di dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), diterangkan Sumanggar terdiri dari Bawaslu, Panwaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. 

Kejati Sumut sendiri membuka kontak layanan SMS/WA dengan nomor 0878-9275-5777 atau dengan E-mail : poskopemilu.kejatisu@gmail.com . 

"Dalam penegak hukum, jaksa akan hadir dalam setiap tahapan, mulai dari pendaftaran, kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, hingga pengesahan," ucap Sumanggar.

Sejumlah jaksa telah disiapkan di 28 kejaksaan negeri dan 9 cabang kejaksaan negeri yang ada dibawah naungan Kejati Sumut

"Setiap Kejari, ditunjuk 3 sampai 4 tim. Untuk tanggungjawab dan fungsinya, tim ini tetap berkordinasi dengan Gakkumdu, untuk melihat masalah-masalah yang diduga sudah melanggar kegiatan pemilu" urai Sumanggar.

Sebelumnya, menurut Sumanggar, Kejati Sumut juga sudah menggelar pelatihan bagi para jaksa untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan jaksa dalam menangani tindak pidana Pemilu.

"Kita sudah adakan pelatihan selama tiga hari yang diikuti sejumlah jaksa. Tujuannya diantaranya, guna meminimalisir berbagai upaya pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019," tutur Sumanggar.

Diketahui, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menggelar acara In House Training Peningkatan Kapasitas Jaksa dalam Penanganan Perkara Tindak Pidana Pemilihan Umum digelar di Emerald Hotel sejak Rabu (13/11/2018) lalu. Pelatihan selama tiga hari tersebut diharapkan para jaksa di lingkungan Kejati Sumut mampu meningkatkan kualitasnya dalam menangani perkara tindak pidana pemilu.

Disinggung sudah adakah laporan yang diterima Kejaksaan dari Sentra Gakkumdu, Sumanggar mengaku belum ada. "Oh, Sejauh ini belum ada laporan ke kita. Kita pun berharap trek bagus ini berlangsung sampai pada pengesahan calon pemimpin yang dipilih masyarakat," pungkasnya  

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved