Bidik Medali Emas Kejurnas, Ilham Maulana Atlet Gulat Genjot Latihan Fisik, Power, Hingga Teknik

Ilham Maulana, menargetkan mampu menyabet Medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Senior

Bidik Medali Emas Kejurnas, Ilham Maulana Atlet Gulat Genjot Latihan Fisik, Power, Hingga Teknik
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Ilham Maulana, Pegulat putra binaan PGSI kota Medan peraih Medali Emas Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Jawa Barat tahun 2018. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pegulat Putra binaan Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) kota Medan, Ilham Maulana, menargetkan mampu menyabet Medali emas pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Senior yang digelar bulan Maret mendatang di Jakarta.

Ilham yang akan turun di kelas 55 kg ini mengatakan ajang Kejurnas tersebut menjadi batu loncatan bagi dirinya untuk mengikuti event lebih besar lagi seperti PON. 

Karena itu peraih Medali emas Kejurnas PPLP tahun 2016 di Jakarta ini bertekad untuk bertanding semaksimal mungkin.

"Event yang terdekat mau ikut Kejurnas senior di DKI Jakarta bulan Maret tanggal 12-17. Kalau target sudah pasti yang terbaik lah, medali emas. Insha Allah, harus optimis, harus bisa. Ini mungkin batu loncatan ke Prakualifikasi PON ya," ujarnya, Rabu (20/2/2019).

Ilham juga menuturkan, saat ini dirinya sudah mulai melakukan persiapan dengan rutin menjalani latihan di bawah bimbingan pelatih PGSI Medan.

Latihan yang rutin dilakoninya antara lain, latihan fisik seperti berlari selama satu jam yang berguna untuk penguatan daya tahan tubuh, kemudian latihan fisik lainnya seperti push up, dan latihan lengan serta beban.

"Persiapan kalau saya rasa masih kurang, yang harus ditambah itu fisik, power, terus intensitas latihan lah ditambah lagi kalau saya. Rutinitas nya biasa setiap hari kecuali malam Minggu dan hari Minggu, kadang latihan fisik di Stadion Teladan, kalau misalnya teknik itu di tempat latihan. Kalau latihan beban ada sih, tapi gak terlalu, tengok spesialisnya juga gaya grego atau bebas," terangnya peraih Medali perunggu Kejurnas PPLP di Padang 2014 ini.

Lebih lanjut kata Ilham, untuk bisa mencapai target medali emas, dirinya merasa masih harus lebih giat lagi berlatih. 

Apalagi Mantan Atlet binaan PPLP Sumut ini kemungkinan akan menghadapi lawan-lawan tangguh asal Provinsi lain pada Kejurnas tersebut.

"Semuanya masih perlu dilatih, fisik , teknik, power, semuanya di asah terus sampai betul-betul matang. Lawan berat di daerah (Sumut) netral saja, gak ada yang sulit, kalau Nasional kita lihat dari basicnya ya Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan," ungkap Alumni SMA Mulia Medan ini.

Masih kata Ilham, meski harus menghadapi lawan berat, dirinya masih optimistis bisa meraih targetnya tersebut. 

Dan untuk menghadapi lawan-lawan berat itu, atlet muda Kelahiran tahun 1999 ini pun berencana mempersiapkan strategi. Dengan adanya strategi dirinya berharap akan mampu meraih hasil terbaik.

"Harapan yang terbaik yang saya peroleh. Strategi pasti ada, karena kan kita ngandalkan strategi juga, bukan kekuatan, bukan adu fisik saja," pungkas peraih Medali Emas Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Jawa Barat tahun 2018 ini.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved