Pipa Air Bocor-bocor, Ini Penjelasan Kepala PDAM Tirta Malem

Sejak beberapa hari lalu pihaknya sudah menerima laporan enam pipa yang mengalami kerusakan.

Pipa Air Bocor-bocor, Ini Penjelasan Kepala PDAM Tirta Malem
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Warga melintas di lokasi salah satu titik pipa PDAM Tirta Malem yang mengalami kebocoran, di Gang Garuda, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Rabu (20/2/2019).

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Pipa saluran air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Malem Kabanjahe, dikabarkan mengalami kerusakan di sejumlah titik.

Salah satu kawasan yang mengalami kerusakan, berada di Gang Garuda, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe.

Saat dikonfirmasi ke pihak yang bersangkutan, Kepala PDAM Tirta Malem Arvino Hamsari membenarkan hal itu. Dirinya mengungkapkan, memang di kawasan tersebut beberapa hari terakhir terdapat kerusakan.

Arvino mengatakan, sejak beberapa hari lalu pihaknya sudah menerima laporan enam pipa yang mengalami kerusakan. Namun, dirinya menyebutkan, kerusakan sebenarnya bukan pada bagian pipa besar untuk suplai. Melainkan pipa sambungan dari saluran utama menuju rumah warga.

"Iya memang ada yang bocor saluran airnya, kira-kira enam titik. Tapi bocornya itu pipa yang ke rumah warga, bahkan ada yang di dekat meterannya," ujar Arvino, saat ditemui di ruangannya, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Rabu (20/2/2019).

Menanggapi keluhan tersebut, Arvino menyebutkan pihaknya saat ini sudah melakukan perbaikan ke sejumlah titik kebocoran. Dikatakannya, dari enam titik yang mengalami kebocoran, lima di antaranya sudah diperbaiki.

"Dari laporan warga yang datang ke sini maupun via telepon ke kita memang sudah kita tanggapi, dan sudah kita lakukan perbaikan. Kita juga berharap kepada masyarakat atau pelanggan kita bisa langsung melapor kalau ada kerusakan, sehingga kita bisa cepat menanganinya," katanya.

Amatan www.tribun-medan.com, memang di salah satu titik di kawasan tersebut terlihat genangan air yang meluber hingga ke tengah jalan. Saat dicari dari mana sumber air, ternyata memang dari pipa sambungan salah satu rumah warga.

Ketika ditanya mengenai kebocoran ini, pemilik rumah Fitri mengatakan hal tersebut sudah berlangsung selama dua hari. Dirinya menyebutkan, dugaan utama pipa tersebut bocor dikarenakan debit air yang mengalir sudah semakin besar.

"Ini sudah dua hari bocor pipa yang ke rumah ini, karena kalau pipa besar dalam ditanamnya. Mungkin karena air sudah makin deras, jadi enggak kuat lagi pipanya," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved