HMI Geruduk UMSU, Minta Penganiayaan terhadap Kader Segera Diusut

Mereka mengecam tindakan brutal yang dilakukan oleh petugas keamanan kampus.

HMI Geruduk UMSU, Minta Penganiayaan terhadap Kader Segera Diusut
TRIBUN MEDAN/M ANDIMAZ KAHFI
Suasana saat massa HMI melakukan unjuk rasa dengan memblokir jalan di depan Kampus UMSU. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan berunjuk rasa di depan Kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Kamis (21/2/2019).

Massa menuntut kasus dugaan kriminalisasi yang dilakukan petugas keamanan kampus ditindak tegas penyelesaiannya.

Sekitar 100 orang pengunjuk rasa datang dan satu per satu massa bergantian berorasi.

Mereka mengecam tindakan brutal yang dilakukan oleh petugas keamanan kampus, kepada kader HMI Komisariat UMSU yang membuka posko perekrutan anggota baru di depan kampus.

Menurut mereka tidak ada lagi demokrasi di kampus UMSU. Kebebasan berserikat telah dikekang. Mereka meminta Rektor harus melakukan evaluasi.

"Ini tidak bisa dibiarkan. Jika diteruskan, pastinya mahasiswa menjadi takut untuk berorganisasi," kata Koordinator Aksi Putra Saptian, Kamis (21/2/2019).

Putra menjelaskan bahwa saat kejadian penganiayaan, kader HMI diperlakukan layaknya seseorang yang melanggar hukum. Para petugas keamanan kampus, menghajar mereka dengan begitu brutal. Kedepan jangan sampai kericuhan yang terjadi membuat sentimen mahasiswa terhadap HMI. Karena organisasi yang didirikan Lafran Pane itu bukan mengajarkan anarkisme.

Info yang beredar, kasus penganiayaan itu kabarnya juga sudah dilaporkan ke polisi. HMI juga berharap kasus itu bisa diusut hingga tuntas.

"Kami tetap akan berjuang untuk memberikan dorongan moril kepada para kader UMSU. Mendorong pihak UMSU membuka diri dan meminta maaf kepada seluruh kader HMI di Indonesia," tegas Putra.

Untuk diketahui, saat aksi berlangsung Jalan Mukhtar Basri terpaksa untuk sementara waktu ditutup. Keamanan kampus UMSU juga di perketat. Gerbang utama dikawal puluhan polisi berseragam.

(mak/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved