181 Warga Rutan Sidikalang Berhak Memilih pada 17 April Mendatang

Ada sebanyak 75 warga binaan pada rutan tersebut, yang merupakan penduduk Dairi, terdaftar sebagai pemilih.

181 Warga Rutan Sidikalang Berhak Memilih pada 17 April Mendatang
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Puluhan warga binaan Rutan Klas II-B Sidikalang memperhatikan paparan mengenai pendidikan pemilu yang disampaikan Komisioner KPU Dairi Veryanto Sitohang (berdiri), baru-baru ini. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Belum lama ini KPU Kabupaten Dairi mengadakan sosialisasi di Rutan Negara Klas II-B Sidikalang.

Komisioner KPU Dairi Jenny Ester Pandiangan bidang Partisipasi Masyarakat mengatakan, ada sebanyak 75 warga binaan pada rutan tersebut, yang merupakan penduduk Dairi, terdaftar sebagai pemilih.

Sementara, ada 106 warga binaan lainnya yang bukan penduduk Dairi, tetapi memiliki Kartu Tanda Penduduk.

"Total warga binaan di Rutan Klas II-B Sidikalang ada 504 orang. Sebagian di antaranya masuk dalam kategori DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) karena bukan penduduk Dairi," ujar Jenny saat ditemui Jumat (22/2/2019).

Jenny mengungkapkan, sosialisasi terhadap warga binaan rutan tersebut berlangsung pada Kamis (21/2/2019) lalu. Sosialisasi, sambung Jenny, penting dilakukan sebab informasi yang diterima warga binaan rutan yang ber-hak pilih sangat terbatas.

"Mereka (warga binaan) kan tidak bebas mengakses informasi dan berita. Jangan-jangan tanggal pemilu saja pun mereka tidak tahu. Untuk itu, kita perlu menyambangi dan menyosialisasikan pemilu kepada mereka," ujar Jenny.

Dalam gelaran sosialisasi, lanjut Jenny, Komisioner KPU Dairi Veryanto Sitohang selaku pemateri mengenalkan jenis-jenis kertas suara, para peserta pemilu, tata cara mencoblos di Tempat Pemungutan Suara, dan lain-lain.

Veryanto juga mengajak warga binaan untuk antigolput, antimoney-politic, serta cerdas menentukan pilihan ketika hendak memilih calon wakil rakyat di DPRD Kabupaten Dairi, DPRD Sumut, DPR RI, DPD RI dan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved