News Video

VIDEO: Berlibur di Taman Buaya Asam Kumbang, Berdiri Sejak 1959 dan Kini Sudah Ada 2800 Buaya

Selain Maimoon, Masjid Raya, Tjong A Fie Mansion dan berbagai tempat bersejarah, Taman Buaya Asam Kumbang juga merupakan ikon wisata Kota Medan

VIDEO: Berlibur di Taman Buaya Asam Kumbang, Berdiri Sejak 1959 dan Kini Sudah Ada 2800 Buaya
Tribun Medan
Sejak tahun 1959, Taman Buaya sudah memelihara 2700 ekor buaya yang tadinya cuma 12 ekor buaya. Sekarang, taman buaya menjadi tempat rekreasi bagi warga Kota Medan khususnya, Sabtu (14/1/2017). (Tribun Medan / Nikson) 

TRIBUN-MEDAN.com - Selain Istana Maimoon, Masjid Raya, Tjong A Fie Mansion dan berbagai tempat bersejarah di Kota Medan, Taman Buaya Asam Kumbang juga merupakan ikon wisata di Kota Medan.

Penangkaran ribuan ekor buaya ini tak jauh dari pusat Kota Medan, yakni berlokasi di Jalan Bunga Raya II, Kecamatan Medan Selayang, Sumatera Utara.

Taman ini sudah berdiri sejak tahun 1959.

Sejarahnya, Bapak Lo Tham Muk hanya memelihara 12 ekor buaya, lalu berkembang biak hingga pada tahun 2019 total buaya di penangkaran buaya asam kumbang mencapai 2800 ekor.

Penangkaran reptil buaya Medan dibangun diatas lahan seluas kurang lebih 2 hektar yang terdiri dari 78 bak penangkaran buaya.

Video di Taman Buaya Asam Kumbang;

Ayo subscribe channel YouTube Tribun MedanTV

TRIBUNWIKI: Rasakan Pengalaman Dekat dengan Buaya di Taman Buaya Asam Kumbang Medan

VIDEO: Medan Zoo Kedatangan Satwa Baru, Mulai Orangutan Kalimantan hingga Pelikan Timor

Medan Zoo Tambah Koleksi Hewan, Barter Harimau Sumatera dengan Orangutan

Ada satu buaya paling besar dan menjadi hewan kesayangan dari pemilik wisata.

Menurut informasi beredar buaya itu memiliki panjang 5 meter dengan usia 45 tahun, buaya tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena memiliki umur panjang.

Masuk ke area ini, pengunjung cukup membayar biaya masuk sekitar Rp 10 ribu.

Seorang pengunjung wanita tampak memberanikan diri berfoto dengan seekor buaya muara di penangkaran Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Sumatera Utara, Senin (1/1/2018). Lokasi ini menjadi pilihan wisatawan untuk mengisi liburan karena tarifnya yang relatif murah.
Seorang pengunjung wanita tampak memberanikan diri berfoto dengan seekor buaya muara di penangkaran Jalan Bunga Raya II, Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Sumatera Utara, Senin (1/1/2018). Lokasi ini menjadi pilihan wisatawan untuk mengisi liburan karena tarifnya yang relatif murah. (Tribun Medan/Array)

Di sana para pelancong dapat melihat langsung ribuan ekor buaya dari jarak dekat, mulai dari yang baru menetas, sampai yang usianya sudah puluhan tahun.

Tak hanya hewan buaya saja, melainkan pengunjung bisa menyaksikan kebun binatang mini, dihuni oleh beberapa jenis hewan seperti ular phyton, ular cobra, monyet, kura-kura, dan ratusan bangau putih yang berkeliaran diatas kolam besar penangkaran buaya.

Taman Buaya Asam Kumbang, penangkaran buaya terbesar di Asia Tenggara tempat wisata asik di Kota Medan (Tribun Medan)
Taman Buaya Asam Kumbang, penangkaran buaya terbesar di Asia Tenggara tempat wisata asik di Kota Medan (Tribun Medan) (TRIBUN MEDAN)

Tidak hanya itu, jika ingin menyaksikan secara langsung proses makan sebelum waktu makan buaya, pengunjung bisa membeli bebek seharga Rp 35.000 yang dijual oleh pihak pengelola, lalu di lempar umpan hewan ke danau buaya. (*)

Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved