Tiga SKPD Pemko Siantar Masuk Tahap Penyidikan, Ini Permintaan Kapolres Usai Panggil Para Saksi

Polisi telah menaikkan status dugaan korupsi tiga SKPD Pemerintah Kota Siantar ke tahapan penyidikan

Tiga SKPD Pemko Siantar Masuk Tahap Penyidikan, Ini Permintaan Kapolres Usai Panggil Para Saksi
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Kapolres Siantar AKBP Heribertus Ompusunggu saat ditemui usai konfresnis pers terkait Milenial Safety Road, Sabtu (23/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Polisi telah menaikkan status dugaan korupsi tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Siantar ke tahapan penyidikan, Minggu (24/2/2019). 

Polisi telah memanggil lebih dari tiga kali pejabat di tiga SKPD tersebut. 

Demikian disampaikan Kapolres Siantar AKBP Heribertus Ompusunggu sat ditemui usai konfresnis pers terkait Milenial Safety Road di Mapolres Siantar. 

AKBP Heribertus mengatakan tahapan penyidikan masih tahap memanggil saksi-saksi dan mengumpulkan bukti-bukti.

"Tahapan sidik. Panggil-panggil saksi,"ujarnya. 

AKBP Heribertus menjelaskan tengah memanggil saksi-saksi dan mengumpulkan dokumen, Kapolres yang baru menjabat lima bulan di Kota Pematangsiantar ini mengharapkan wartawan jangan langsung menyimpulkan pemeriksaan itu atas kasus korupsi. 

"Begini supaya kalian tahu. Proses itu berjalan ada prosedurnya. Jadi wartawan jangan langsung simpulkan ada korupsi. Kita minta bahan-bahan. Lalu kita cocokan dengan Kegiatan mereka. Kalau pada saat kita panggil, kita kumpulkan bahan dan kegiatan mereka klop, ya gak ada (korupsi),"ujarnya seraya terus mengatakan masih meminta dokumen-dokumen. 

Saat disinggung apakah polisi juga sudah menyelidiki Pemko Siantar terkait masih memberikan gaji penuh kepada Adik Wali Kota Siantar Ardiansyah yang mendekam dalam penjara hampir setahun, AKBP Heribertus mengatakan belum masuk ke ranah tersebut. 

Seperti diketahui, Polres Siantar memanggil tiga Kepala Dinas Pemko Siantar yakni Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Zainal Siahaan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jonson Tambunan, dan Kepala Dinas Kesehatan dr Ronal Saragih. 

Dalam surat permintaan keterangan, Kepala BKD Siantar Zainal Siahaan dipanggil terkait dugaan penyalahgunaan wewenang dalam mutasi dan pengangkatan eselon III pada 11 Januari 2019. 

Kepala Dinas PU Jonson Tambunan dipanggil terkait pengadaan proyek peningkatan saluran sekunder tahun 2016. Dalam surat itu ada tiga proyek yang dimintai keterangan. 

Kepala Dinas Kesehatan Ronal Saragih dipanggil terkait dugaan penyimpangan dan penyelewengan dana kapitasi tahun 2018 tentang pengelolaan dana Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

(tmy/tribun-medan.com)

Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved