Menuju Zero Halinar, Lapas Binjai Perketat Keamanan Tambah Lemari HP Khusus Petugas

Maju Amintas Siburian menyatakan lemari hp khusus petugas ditambah agar tidak ada lagi alasan petugas membawa handphone.

Menuju Zero Halinar, Lapas Binjai Perketat Keamanan Tambah Lemari HP Khusus Petugas
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Menuju Zero Halinar, Lapas Binjai Perketat Keamanan Tambah Lemari HP Khusus Petugas 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Binjai terus meningkatkan sistem keamanan, program Zero Halinar (Handphone, Pungli, dan Narkotika).

Kalapas, Maju Amintas Siburian menambah fasilitas pengaman, berupa lemari penitipan handphone untuk petugas lapas, Selasa (26/2/2019).

Amatan tribun-medan.com, fasilitas lemari handphone khusus petugas sudah ada di bagian pintu masuk utama.

Saat ini, di pintu masuk selanjutnya ke area kompleks lapas sedang dibangun lemari hp khusus petugas lapas.

Kalapas, Maju Amintas Siburian menyatakan lemari hp khusus petugas ditambah agar tidak ada lagi alasan petugas membawa handphone saat berdinas dan berinteraksi dengan warga binaan pemasyarakatan. Hal ini juga bagian menghindari adanya oknum-oknum nakal yang melanggar peraturan.

"Ini baru lagi bagian sterilisasi, lemari penyimpanan handphone dibangun khusus untuk petugas. Setelah ada ini, jangan ada alasan handphone bisa masuk ke dalam saat berdinas. Ini sudah ada peraturannya melarang handphone masuk ke area lapas," kata Maju Amintas Siburian.

"Sudah mulai dikerjakan dua minggu lebih ini. Kalau yang untuj warga atau pengunjung sudah ada juga di bagian depan (pintu masuk utama)," katanya.

Maju Amintas Siburian mantan Karutan Tanjunggusta ini mengimbau agar semua stafnya secara menyeluruh menyadari dan mengikuti peraturan demi program Zero Halinar. Bagi oknum petugas yang kedapatan membawa handphone sudah disiapkan sejumlah sanksi tegas.

"Yang ketahuan melanggar aturan soal handphone ada sanksinya, mulai peringatan, penundaan kenaikan jabatan, hingga bisa pemecatan. Bisa dipecat kalau misalnya handphone petugas barang bukti pidana, berkaitan dengan pengendali (Halinar) misalnya," tegasnya.

Maju Amintas Siburian juga menegaskan sudah mengambil kebijakan tegas soal tindak pidana narkotika. Tak akan ada toleransi kepada petugas yang bermain-main mengedarkan narkotika di dalam lapas.

"Narkotika gak akan ada ampun. Mau sampai nangis-nangis pun kalau ada petugas yang terlibat narkotika saya tindak tegas, biar saja diproses hukum," tegasnya.

Selama menjabat, Maju Amintas Siburian juga rutin menggelar razia Halinar. Bahkan beberapa kali pihak Lapas bertindak cepat, sudah mengantarkan warga binaan pemasyarakatan yang terlibat narkotika ke Polres Binjai.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved