Nova Rinaldi Kurir Ganja 16 Kilogram Terancam Hukuman Penjara 13 Tahun

Tampang Nova Rinaldi (19) kurir ganja 16 Kilogram seperti celingak-celinguk saat mendengarkan tuntutan hukum dari Jaksa

Nova Rinaldi Kurir Ganja 16 Kilogram Terancam Hukuman Penjara 13 Tahun
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Nova Rinaldi celingak-celinguk pada persidangan di ruang Cakra 8 PN Medan, Selasa (26/2/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Tampang Nova Rinaldi (19) kurir ganja 16 Kilogram seperti celingak-celinguk saat mendengarkan tuntutan hukum dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sarjani Sianturi. 

Pemuda dengan perawakan bocah ini dituntut pidana penjara selama 13 tahun penjara.

Sarjani menilai terdakwa Nova Rinaldi terbukti bersalah melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman beratnya melebihi 5 (lima) gram

"Memohon majelis hakim menjatuhkan terdakwa Nova Rinaldi dengan pidana penjara selama 13 tahun Penjara dikurangi masa tahanan dengan perintah terdakwa tetap ditahan denda Rp 1 milyar subsider 1 bulan kurungan," ujar Sarjani.

Tuntutan tersebut disematkan, menilai perbuatan Nova Rinaldi telah memenuhi unsur-unsur dalam Pasal 114 ayat (2) UU RI No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, dalam dakwaan pertama.

Sementara, penasihat hukum prodeo Sri Wahyuni dari LBH Menara Keadilan memohon majelis hakim yang dipimpin Somadi, agar kliennya itu mendapat hukuman yang lebih ringan nantinya.

"Mempertimbangkan usia muda Nova Rinaldi, dengan jiwa yang masih labil dan tidak memiliki peran penting atau hanya sebagai perantara, agar kiranya Majelis hakim memberikan hukuman yang lebih ringan," ujar Sri Wahyuni pada persidangan yang digelar di ruang Cakra 8 PN Medan, Selasa (26/2/2019) sore.

Perbuatan Nova Rinaldi diketahui terhenti usai personel kepolisian dari Polsek Patumbak mengamankannya saat berada di salahsatu rumah makan di Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Nova diamankan beserta 7 bal ganja kering dengan berat total mencapai 16 Kilogram dalam dus air mineral.

Saat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Nova diketahui nekat melakukannya lantaran diimingi ulah sebesar Rp 1 juta dari seseorang bernama Ivan.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved