Berkas PBI Masih Terus Diteliti dan Diproses Dinkes Medan

Dari 80 ribuan berkas yang diteliti bukan harus terpenuhi semua tetapi memang harus sesuai dengan kebutuhan.

Berkas PBI Masih Terus Diteliti dan Diproses Dinkes Medan
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Warga mengurus berkas-berkas terkait kepesertaan BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan, Senin (21/1/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan masih terus melakukan penelitian untuk berkas calon peserta penerima bantuan iuran (PBI) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Efendi, mengatakan, walau batas waktu telah berakhir minggu lalu namun hal tersebut tidak menjadi masalah.

“Batas waktu tidak masalah karena kan memang sedang diproses dan bukan harus selesai, mana yang masuk diproses,” ujarnya, Jumat (1/3/2019).

Ia menjelaskan, dari 80 ribuan berkas yang diteliti bukan harus terpenuhi semua tetapi memang harus sesuai dengan kebutuhan dan berkas yang diproses harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“80ribu berkas tersebut bukan harus terpenuhi semua, harus sesuai dengan kebutuhan dan yang diprosespun harus yang memenuhi ketentuannya. Bukan seperti bangunan fisik yang harus selesai, itu dianggarkan sesuai dengan kebutuhan dan syarat aturan yang berlaku,” JELASNYA.

Ia menerangkan, jadi tidak dipaksakan 80ribu berkas tersebut harus selesai semua, karena anggaran yang disediakan untuk menyediakan kalau yang membutuhkan.

“Validasi mengacu pada aturan dan ketentuan yang ada. Ada undang-undnag dan peraturan yang menjadi acuan yang berlaku,” terangnya.

Sebelumnya, Dinkes Medan masih meneliti berkas 80.527 calon peserta PBI BPJS Kesehatan dan tidak memastikan apakah berkas calon peserta PBI BPJS Kesehatan itu akan diverifikasi lebih dahulu oleh Dinas Sosial (Dinsos) atau malah akan dikirimkan langsung ke BPJS Kesehatan cabang Medan.

Pemko Medan memberikan anggaran sebesar Rp 21 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Medan Tahun 2019 kepada 75 ribu masyarakat miskin kurang mampu dalam program PBI BPJS.

Program PBI BPJS Kesehatan diharapkan dapat membantu warga yang benar-benar membutuhkan dan selama ini belum mendapatkan bantuan BPJS Kesehatangratis dari pemerintah.

(pra/tribun-medan. com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved