FAJI Medan Bersiap Gelar Festival Sungai Deli, Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Sungai

Kegiatan Festival Sungai Deli juga akan diisi dengan berbagai kegiatan bernuansa lingkungan hidup.

FAJI Medan Bersiap Gelar Festival Sungai Deli, Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Sungai
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Ketua Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Medan Wahyudinata Simangungsong (tiga, kanan) bersama pengurus Pengcab saat berkunjung ke kantor redaksi harian Tribun Medan, Senin (4/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Berangkat dari keinginan mengenal kembali sejarah sungai Deli yang mulai hilang dan mengajak masyarakat peduli kebersihan sungai, FAJI Kota Medan bersiap menggelar event bertajuk Festival Sungai Deli: Rally Race Rafting Open Championship 2019.

Event arung jeram yang juga mengusung tema lingkungan hidup tersebut rencananya akan dilaksanakan di Bendungan Pintu Air Kanal Sungai Deli Medan, Delitua pada 26-28 Maret mendatang.

Sekretaris Umum FAJI Medan Budi Anta Gupa mengatakan selain menggelar pertandingan ketangkasan arung jeram, kegiatan Festival Sungai Deli juga akan diisi dengan berbagai kegiatan bernuansa lingkungan hidup.

Kegiatan tersebut, kata Budi akan diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan yakni mahasiswa, pelajar, serta komunitas-komunitas penggiat sungai Deli. Tak hanya itu, pada kegiatan tersebut juga akan digelar diskusi publik terkait pelestarian sungai Deli yang melibatkan mahasiswa mapala sejumlah kampus bersama aktivis-aktivis lingkungan hidup.

"Kegiatan juga diisi dengan kegiatan seperti penanaman pohon, penaburan bibit ikan, aksi bersih sungai dan bakti sosial. Juga lomba rakit perahu hias untuk masyarakat di sekitar sungai Deli dengan dibarengi kegiatan Rally Race Rafting Open Championship," ujarnya saa berkunjung ke redaksi Tribun Medan, Senin (4/3/2019).

Dengan kegiatan ini, FAJI Medan berharap pandangan masyarakat akan semakin terbuka melihat Sungai Deli dan turut melestarikannya. Selain itu, mereka juga berharap sungai Deli yang tidak berjeram kuat akan bisa menjadi salah satu tempat untuk olahraga arung jeram serta menggelar berbagai event arung jeram baik nasional maupun internasional.

"Banyak yang mengatakan bahwa kegiatan ini gak mungkin terlaksana karena gak mungkin ada kegiatan di sungai Deli yang kotor, tapi kita buktikan dengan kegiatan kita dahulu, kita sudah buat Porkot eksibisi arung jeram, bahkan sudah 4 kali mengadakan event arung jeram (Deli Refresh 2016, Eksibisi Arung Jeram 2017 momennya Porkot, baru Porwil kota Medan)," terangnya.

Lebih lanjut ketua FAJI Medan Wahyudinata Simangungsong menambahkan bahwa kegiatan Festival Sungai Deli tersebut akan turut mengundang peserta dan klub dari Sumut maupun luar Sumatera Utara.

"Yang dekat sahabat kita dari Aceh, Padang, Sidimpuan, Asahan, Sergai, Deliserdang, Tapsel, Insha Allah datang. Sport nya sudah pasti jalan, Tapi lebih kepada lingkungan bagaimana kita melestarikan sungai Deli itu," ujarnya.

Untuk kompetisinya sendiri, kata Nata, pihaknya akan mempertandingkan tiga nomor yakni sprint, head to head, dan Slalom. Tiga  nomor tersebut akan diikuti oleh masing-masing atlet putra dan putri.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved