Warga Bingung Gunakan Gas Meteran yang Diresmikan Wakil Menteri Archandra Tahar

Belum semua warga di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang yang rumahnya sudah terpasang jaringan gas bumi

Warga Bingung Gunakan Gas Meteran yang Diresmikan Wakil Menteri Archandra Tahar
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Warga Tanjung Morawa B, Manahan Dalimunte menunjukkan meteran pada jaringan gas alam 

TRIBUN-MEDAN.com - Hingga saat ini belum semua warga di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang yang rumahnya sudah terpasang jaringan gas bumi sudah memanfaatkan penggunaannya. 

Padahal peresmian sudah dilakukan oleh Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar Rabu, (6/3/2019).

Warga yang tinggal di Gang Tape Desa Tanjung Morawa B menyebut masih menggunakan gas LPJ ukuran 3 Kg untuk aktivitas memasak. 

Meski sebagian warga ada yang mengetahui informasi peresmian sudah dilakukan namun ada juga yang belum mengetahuinya.

" Ya aku tau memang sudah diresmikan kemarin tapi di rumah belum bisa kami pakai. Harusnya disosialisasikan lagilah bagaimana pakai gasnya, kalau enggak dikasih tau ya enggak ngerti lah. Resikonya apa saja harusnya dikasih tau. Kalau Kitakan kemarin taunya cuma ada pemasangan gratis gitu aja. Ya kitakan mau coba juga benar enggak lebih hemat dari yang gas elpiji. Kita tunggu dululah beberapa hari ini apakah bisa hidup atau tidak,"kata Manahan Dalimunte salah satu warga Kamis, (7/9/2019).

Pemasangan jaringan gas bumi di Kecamatan Tanjung Morawa sudah mulai dilakukan sejak pertengahan tahun lalu. Selain di Desa Tanjung Morawa A juga terpasang di desa Tanjung Morawa B, Wonosari, Dalu X A, Dagang Krawang, Dagang Klambir dan Tanjung Morawa Pekan.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar meresmikan pemakaian jaringan gas bumi rumah tangga yang sudah terpasang di tujuh desa di Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang Rabu, (6/3). 

Pemasangan jaringan gas bumi ini sudah selesai dikerjakan pada akhir tahun 2018 dengan jumlah 5600 jaringan. 

Acara peresmian dilakukan di Desa Tanjung Morawa A dengan ditandai pemotongan pita dan dihadiri oleh Wakil Bupati Deliserdang, Zainuddin Mars, beberapa anggota DPR dan DPD serta sejumlah pejabat Kementerian ESDM.

Pada saat acara peresmian itu, Zainuddin Mars sempat menyampaikan harapannya agar pemasangan jaringan gas bumi itu dapat dilakukan kembali oleh Kementerian ESDM sehingga jumlahnya bisa bertambah. 

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved