Breaking News:

Peduli Lingkungan Lewat Planet Sirkular, Silaturahmi PWI Sumut dengan Danone-Aqua Indonesia

Pihak Danone-Aqua menjelaskan keberhasilannya dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan diraihnya Penghargaan Industri Hijau 2018.

Penulis: Syarief Dayan |
TRIBUN MEDAN/IST
Pengurus PWI Sumut dan sejumlah Pemimpin Redaksi berfoto bersama dengan pihak Danone-Aqua Indonesia dalam kegiatan silaturahmi yang digelar di Sibolangit, Deliserdang, Kamis (14/3) kemarin. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sejumlah pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara dan Pemimpin Redaksi menggelar silaturahmi dengan pihak Danone-Aqua Indonesia, Kamis (14/3/2019) di Sibolangit.

Dalam kegiatan tersebut pihak Danone-Aqua menjelaskan keberhasilannya dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dengan diraihnya Penghargaan Industri Hijau 2018.

Wirnos, selaku External Relations Danone Aqua area Sumatera, menyatakan, Danone-Aqua sebagai pelopor perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia yang memiliki visi One Planet One Health menerapkan Planet Sirkular dalam operasionalnya, yaitu sirkular air, sirkular plastik, dan sirkular karbon, sebagai satu upaya untuk menjaga lingkungan.

Hal ini merupakan komitmen agar perusahaan senantiasa menyelaraskan pertumbuhan bisnis dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Termasuk dua pabrik Danone-Aqua di Sumatera Utara, yakni yang berada di Berastagi dan Langkat juga menjalankan prinsip ramah lingkungan dalam kegiatan operasional melalui efisiensi produksi dan peningkatan efektivitas serta penggunaan sumber daya alam secara bijak.

Diantaranya pemanfaatan air dan energi secara bijak. Untuk air mengupayakan agar tidak ada yang terbuang percuma. Dalam hal ini, ada sisa produksi yang dapat digunakan kembali untuk sanitasi atau kebutuhan umum di dalam pabrik.

Sedangkan di bidang energi, terus menjalankan inisiatif-inisiatif penghematan,seperti penggantian forklift berbahan bakar solar ke forklift listrik, penggunaan skylight (atap tembus cahaya) untuk menerangi area produksi, sehingga mengurangi pemakaian lampu.

Ditambahkan Wirnos, selain itu secara berkelanjutan juga menjalankan konservasi, yaitu penanaman pohon, pembuatan sumur resapan, pembuatan biopori. hal itu membantu penyerapan air ke dalam tanah, sehingga menjaga ketersediaan air tanah. Konservasi juga membuat lingkungan sekitar menjadi lebih asri.

Atas inisiatif-inisiatif yang terlihat sederhana itu namun memberikan manfaat besar terhadap pelestarian lingkungan, Pabrik Danone-AQUA Berastagi dan Langkat yang mendapatkan Penghargaan Industri Hijau 2018.

Hadir dalam acara ini Michael Liemena, selaku Corporate Communication Aqua Danone Indonesia. Mohamad Efendy, Kepala Pabrik Aqua Berastagi, Sahat Esron Siringo-ringo, Stakeholder Relations Pabrik Berastagi dan Jimmi Simarangkir, CSR Coordinator Pabrik Aqua Langkat.

Ketua PWI Sumut, Hermasyah menyatakan tali silaturahmi ini bisa meningkatkan kerja sama, terutama dalam peningkatan profesionalisme jurnalistik, di antaranya mengajak Danone-Aqua Indonesia ikut menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan.

(sdy/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved