Terbiasa Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud, Pria Ini Mengidap Penyakit Berbahaya

Necrotising otitis externa didefinisikan sebagai infeksi bakteri yang menargetkan lapisan tengkorak.

Terbiasa Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud, Pria Ini Mengidap Penyakit Berbahaya
Health 24 & Live Science
Ilustrasi: seorang pria usia 31 tahun asal Inggris berusia dilaporkan menderita infeksi otak yang mematikan, terbiasa membersihkan telingga menggunakan cotton bud. (Health 24 & Live Science) 

TRIBUN-MEDAN.com - Sebagian besar orang sering kali menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Dan jika kamu salah satunya, mungkin bisa dihentikan, kalau tidak mau mengalami seperti yang dirasakan pria ini.

Seorang pria usia 31 tahun asal Inggris berusia dilaporkan menderita infeksi otak yang mematikan, terbiasa menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinganya.

Berdasarkan laporan oleh Live Science, pria yang tidak dikenal itu memiliki otitis eksterna nekrotikans yang berkembang dimulai di saluran telinganya. Lalu menginfeksi ke tulang di dasar tengkoraknya dan terus ke dalam selaput otaknya.

Necrotising otitis externa didefinisikan sebagai infeksi bakteri yang menargetkan lapisan tengkorak.

Kasus ini dilaporkan dalam British Medical Journal pada 6 Maret, namun diperkirakan infeksi ini telah menyebar di telinga dan otaknya selama sekitar lima tahun, membuat dokter terkejut.

Pria itu rupanya menderita gejala infeksi selama lima tahun tetapi tidak menyadarinya.

Dia mengatakan kepada dokter bahwa dia telah mengalami rasa sakit dan kehilangan pendengaran di telinga kirinya selama bertahun-tahun.

Tetapi ketika dia pergi ke dokter, dia hanya dirawat karena dua infeksi telinga yang parah. Keadaan memburuk sampai dia sakit kepala yang sangat buruk, rasa sakit hingga membuatnya mual dan muntah.

Infeksi tidak ditemukan sampai ia mulai mengalami gejala neurologis seperti kejang dan tidak dapat mengingat nama orang, sebelum akhirnya pingsan dan dibawa ke rumah sakit di Coventry. Para dokter menjalankan beberapa tes termasuk CT scan di otaknya. Mereka pun menemukan bahwa ada dua abses berisi nanah di tulang di dasar tengkoraknya.

Setelah diperiksa lebih lanjut, mereka menemukan ujung kapas bersarang di salah satu telinganya, berasal dari cotton bud yang selama ini ia gunakan untuk membersihkan telinga.

Halaman
12
Penulis: Sally Siahaan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved