Wali Kota: Total Sementara 161 Kepala Keluarga Terdampak Bom di Sibolga

Hingga kini mereka masih mengharapkan bantuan dari pemerintah. Pemerintah Kota Sibolga sendiri masih melakukan pendataan untuk korban.

Wali Kota: Total Sementara 161 Kepala Keluarga Terdampak Bom di Sibolga
TRIBUN MEDAN/HO
Suasana warga di sekitar lokasi rumah terduga bom Sibolga, yang terpaksa mengungsi ke rumah tetangga yang tidak terdampak. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Warga Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, yang terdampak ledakan bom totalnya mencapai 161 kepala keluarga.

Hingga kini mereka masih mengharapkan bantuan dari pemerintah. Pemerintah Kota Sibolga sendiri masih melakukan pendataan untuk korban yang terdampak ledakan bom.

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengatakan warga yang mengungsi terus mendapat bantuan logistik. Untuk kebutuhan makan sehari-hari selama dalam proses penanganan.

"Jadi kita melakukan pendataan. Nanti data itu kita berikan kepada Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT)," kata Syarfi, Sabtu (16/3/2019).

"Untuk bantuan kerusakan rumah, mereka bersama PUPR yang akan mengurusnya.
Pemko mendata kerusakan rumah warga dalam tiga kategori. Rusak ringan, sesang dan berat," sambungnya.

Syarfi menjelaskan walau begitu ada saja warga yang mencari kesempatan di tengah bencana. Ada warga yang mendaftarkan diri sebagai korban. Padahal rumahnya memang sudah rusak sebelum ledakan terjadi.

"Kita imbau warga seharusnya jangan seperti itu. Kita harus memikirkan warga lainnya yang memang menjadi korban. Jangan mencuri kesempatan dalam kesempitan," imbau Syarfi.

Masih kata Syarfi, dari seluruh pengungsi, sebagian sudah kembali ke rumah. Namun sebagian lagi juga tidak menempati tenda pengungsian. Padahal pemerintah juga sudah menyediakannya.
Mereka banyak tinggal di rumah sanak keluarga dan tetangga.

BNPT, Kementerian Sosial dan Pemko juga melakukan langkah-langkah pemulihan trauma.

"Kita mencoba menghibur. Tadi saya juga turun langsung," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved