Sebelum Diamuk Angin Puting Beliung, Warga Desa Ungkap Suhu Udara Berubah Drastis

Baru kali itu terjadi angin yang begitu kencang di sini, sampai-sampai seng atap rumah yang terpaku pun terangkat dibuatnya.

Sebelum Diamuk Angin Puting Beliung, Warga Desa Ungkap Suhu Udara Berubah Drastis
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Satu di antara korban yang rumahnya rusak akibat angin puting beliung di Desa Lau Sireme, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi, saat ditemui rumahnya, Minggu (17/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Dua hari sebelum kampungnya disapu angin puting beliung, Pakto Simanjuntak, warga Dusun Batuerdan, Desa Lau Sireme, Kecamatan Tigalingga, sudah curiga dengan suhu panas yang melanda.

Kondisi itu dirasa aneh, sebab desanya ialah daerah pegunungan, yang mana bersuhu sejuk.

"Dua hari berturut-turut sebelum kejadian, suhu di sini lebih panas dari biasanya. Ampun panasnya," tutur Pakto saat ditemui, Minggu (17/3/2019).

Ia dan sejumlah warga desa lainnya sempat bersyukur ketika hujan akhirnya turun pada Jumat (15/3/2019) sore kemarin. Namun, perasaan itu hanya sesaat.

Hujan sore itu ternyata berlangsung amat deras dan disertai angin kencang. Kondisi itu tak ayal membuat para warga ketakutan.

"Baru kali itu terjadi angin yang begitu kencang di sini, sampai-sampai seng atap rumah yang terpaku pun terangkat dibuatnya, lalu melayang berputar-putar," ungkap Pakto.

Pakto adalah anak dari korban meninggal dunia dalam bencana angin puting beliung di Desa Lau Sireme, Kecamatan Tigalingga, Kabupaten Dairi.

Ayah Pakto, Timbul Simanjuntak (66), meninggal dunia karena terjatuh saat berusaha memperbaiki atap rumahnya.

"Saat kejadian, ibu saya menangis ketakutan. Melihat itu, bapak saya berinisiatif naik ke atap, mencoba memasang seng kembali pada bagian atap rumah yang sudah terbang sengnya," sebut Pakto.

Nahas, saat mencoba memasang, ayah Pakto tertampar oleh seng yang diterjang angin, sehingga jatuh dan akhirnya meninggal dunia.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved