Jumlah DPTb Bertambah, KPU Dairi Pastikan Surat Suara Masih Cukup

KPU Dairi bersama Bawaslu Dairi dan para parpol peserta pemilu tahun 2019 sepakat menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb)

Jumlah DPTb Bertambah, KPU Dairi Pastikan Surat Suara Masih Cukup
TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Ketua KPU Dairi Sudiarman Manik (kanan) menyerahkan Berita Acara Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTb Tahap II kepada pengurus salah satu parpol di Dairi usai rapat, Rabu (20/3/2019) sore. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - KPU Dairi bersama Bawaslu Dairi dan para parpol peserta pemilu tahun 2019 sepakat menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Kabupaten Dairi dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan DPTb Tahap II, Rabu (20/3/2019).

Adapun pertambahan yang timbul, untuk pemilih masuk yang mengurus di daerah asal sebanyak 35 pemilih dan untuk pemilih masuk yang mengurus di Kabupaten Dairi sebanyak 268 pemilih.

Di samping itu, terjadi pula pengurangan, karena adanya warga Kabupaten Dairi yang keluar alias mencoblos di luar Dairi. Untuk pemilih keluar mengurus di Kabupaten Dairi berjumlah 145 pemilih, sedangkan untuk pemilih keluar mengurus di daerah tujuan berjumlah 678 pemilih.

"Hasil dari rapat pleno ini, intinya semua parpol menerima dan Bawaslu tidak memberikan rekomendasi, sehingga jumlah perubahan DPTb tahap dua disepakati dan ditetapkan," tutur Komisioner KPU Dairi Veryanto Sitohang, yang ditemui di sela-sela acara.

Veryanto menyebut, pihaknya sebenarnya berharap Bawaslu Dairi berkenan merekomendasi untuk membuat Daftar Pemilih Khusus (DPK) guna menampung para pemilih yang bertambah tersebut ke dalam Daftar Pemilih Tetap.

Kendati tidak direkomendasi demikian, sambung Veryanto, jumlah DPTb yang sudah final tersebut masih mampu dicukupi oleh jumlah kertas surat suara DPTb yang ada.

"Kami memang berharap sebelumnya, Bawaslu berkenan merekomendasi untuk membuat DPK, sebab dengan begitu kami bisa memasukkan mereka (para pemilih terdaftar pada DPTb) ke dalam DPT, sebagai DPT baru," ujar Veryanto.

"Namun, tidak apa-apa (tidak jadi direkomendasi Bawaslu). Surat suara yang ada di gudang logistik KPU Dairi tetap cukup kok, kendati terjadi penambahan DPTb," pungkasnya. (cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved