Prototipe Becak Listrik Inovasi Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Segera Diluncurkan

PT PLN (Persero) bekerjasama dengan Universitas HKBP Nommensen, Medan, membuat Prototipe becak listrik.

Prototipe Becak Listrik Inovasi Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Segera Diluncurkan
TRIBUN MEDAN/M ANDIMAZ KAHFI
Suasana pengecekan prototipe becak listrik yang bakal menggunakan BBM Energi Fossil. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - PT PLN (Persero) bekerjasama dengan Universitas HKBP Nommensen, Medan, membuat Prototipe becak listrik.

Project becak listrik ini, adalah inovasi PLN bersama perguruan tinggi setelah mobil dan sepeda motor listrik yang juga sudah diuji coba.

Prototipe sudah dibuat sejak Desember 2018 lalu. Pembangunan prototipe ditaksir akan rampung pada Mei mendatang.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumut Feby Joko Priharto mengatakan mereka menandatangani MoU dengan Nommensen untuk pembangunan prototipe becak listrik.

"Becak listrik akan diluncurkan pada 2 Mei mendatang. Tepat pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)," kata Feby, Rabu (20/3/2019).

Feby menambahkan bahwa becak listrik rencananya akan dijadikan moda transportasi massal. Apalagi becak juga sudah melekat, khususnya di Sumatera Utara. 

Terlebih becak juga menjadi ikon. Seperti becak motor Medan dan Becak Motor Siantar dengan motor gede yang khas.

"Energinya masih menggunakan energi fosil yakni Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menyebabkan polisi. Secara nasional, Sumatera Utara adalah daerah penyumbang polusi udara terbesar ketiga di Indonesia," urainya.

Direktur Bisnis PLN Regional Sumatra, Wiluyo Kusdwiharto mengatakan becak listrik ini akan menjadi kendaraan listrik dengan konsep green and clean.

"Paling tidak, bisa mengurangi polusi. Karena ketersediaan energi fosil saat ini semakin berkurang dan semakin mahal. Moda transportasi listrik juga akan mengurangi emisi karbon atau polusi udara," jelas Kusdwiharto.

Halaman
12
Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved