Sebanyak 2.263 Pengawas TPS Dilantik, Ini Harapan Ketua Bawaslu Asahan

Sebanyak 2.263 Pengawas TPS Kabupaten Asahan resmi dilantik oleh masing-masing petugas Panwascam

Sebanyak 2.263 Pengawas TPS Dilantik, Ini Harapan Ketua Bawaslu Asahan
AFP PHOTO / SONNY TUMBELAKA
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Sebanyak 2.263 Pengawas TPS Kabupaten Asahan resmi dilantik oleh masing-masing petugas Panwascam yang tersebar di 25 kecamatan, Senin (25/3/2019).

Ketua Bawaslu Asahan, Khomaidi Hambali Saimbaton mengatakan pasca-pelantikan, seluruh Pengawas TPS diharapkan dapat menjalankan tugas dan kewenangan sesuai dengan perundang-undang yang berlaku.

"Iya hari ini ada pelantikan 2.263 orang pengawas TPS disetiap kecamatan yang dilakukan Panwascam. Banyaknya petugas TPS yang dilantik sesuai jumlah TPS yang ada di Asahan," kata Khomaidi, Senin.

Lebih lanjut, Khomaidi menjelaskan adapun tugas dari Pengawas TPS yaitu mengawasi pelaksanaan jalannya kampanye di wilayah masing masing.

Selain itu, pengawas TPS diminta untuk berkoordinasi dengan petugas KPPS memastikan berdirinya tempat pemungutan suara (TPS).

Pengawas TPS juga bertugas memantau pendistribusian C.6 (undangan memilih) yang dilakukan petugas KPPS agar seluruhnya sampai ke tangan masyarakat. Sehingga pemilih dapat menggunakan hak suara pada 17 April 2019.

"Kalau hari H, tugasnya memantau dan mengawasi proses pemungutan suara hingga penghitungan suara. Setelah itu mengawasi pergerakan surat suara dari TPS ke PPK melalui PPS," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved