Siswa SMK Serentak Laksanakan UNBK 2019, Ijeck Berharap 100 Persen Berjalan Lancar

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin (25/3/2019) di tingkat SMK serentak mengikuti ujian tersebut.

Istimewa
Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah memantau hari pertama UNBK, Senin (25/3/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada Senin (25/3/2019) di tingkat SMK serentak mengikuti ujian tersebut.

Pantauan Tribun Medan di beberapa Sekolah yakni, SMK Teladan, SMK Budi Satria.

Berjalan dengan lancar, meski pengamananya dengan ketat.

Salah seorang pelajar SMK Teladan, Fajar yang ditemui sehabis mengikuti UNBK mengatakan, ujian berjalan dengan lancar.

"Tidak ada kendala dikarenakan sebelumnya kan ada mengikuti persiapan untuk mengikuti UNBK dengan tryout," ujarnya.

Tidak hanya di SMK Swasta, di SMKN 10 Medan Jalan Teuku Cik Ditiro No 57, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara. Terlihat situasi pada saat ujian sangat tenang dan berjalan dengan alot.

SMK N 10 dikenal sebagai sekolah kejuruan yang memiliki empat program studi keahlian. Di antaranya program studi keahlian Tata Boga, Tata Kecantikan, Tata Busana, Multimedia.

Wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMK N 10 Medan Wilma Handayani Spd.msi mengatakan, untuk secara umum pendidikan terutama untuk karakter itu menurun.

"Terasa juga disini, kalau harapan kami sebenarnya kalo masalah nilai yaitu jadi harapan juga. Cuma itu tidak menjadi harapan utama. Harapan utama kami adalah perubahan akhlak mereka untuk lebih bagus. Kalo secara kemampuan skill mereka di kompetensi keahlian masing-masing, kami pikir karena kami yang mengajar kami sudah tau insyaallah mereka sudah mampu bersaing di dunia kerja," katanya.

Yang menjadi masalah menurut Wilma Handayani dunia industrinya yang kurang respon.

" Hal inilah yang menjadi kendala bagi si anaknya (siswa/i) yang sudah siap berkerja di dunia kerja. Jadi kita berharap agar hubungan ini selalu dijaga dan saling mendukung untuk kedepannya.
Dukung-dukungan seperti itu lah yang perlu dijalin kembali, disambutlah lulusan SMK ini, apa lagikan semalam sudah ada pernyataan bahwa, 78% pengangguran itu adalah lulusan SMK. Hal ini membuat kami sedih sekali," ungkapnya.

Pada hari pertama UNBK tahun ajaran 2018/2019 yang berlangsung secara serentak melaksanakan ujian Bahasa Indonesia.

Informasi yang berhasil dihimpun, pada hari ke dua pelaksanaan UNBK peserta akan melaksanakan ujian Matematika.

"Ujiannya tidak terlalu sulit, hal tersebut dikarenakan sebelumnya para siswa sudah dibekali dengan adanya simulasi. Soal UASBN kemarin ada juga sebagian yang masuk. Untuk kedepanya mungkin kuliah dulu atau bisa juga sambilan kerja," Kata salah seorang siswa di SMK N 10.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved