Pemprov Sumut Optimis Tingkatkan Kesehatan Kepada Masyarakat, Ini Kata Wakil Gubernur

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah optimis tingkatan kesehatan bagi masyarakat Sumut.

Pemprov Sumut Optimis Tingkatkan Kesehatan Kepada Masyarakat, Ini Kata Wakil Gubernur
Dok Humas Pemprov Sumut
Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah membuka acara Rapat Kerja KesehatanDaerah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, Selasa (26/3/2019). 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah optimis tingkatan kesehatan bagi masyarakat Sumut. 

Hal ini dapat dilakukan jika terwujud sinkronisasi program peningkatan kesehatan antara Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat secara strategis.

“Dengan berkolaborasinya semua unsur ini akan dihasilkan penguatan pelaksanaan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta di Sumut,” ujar Musa Rajekshah, saat membuka acara Rapat Kerja Kesehatan Da erah (Rakerkesda) Provinsi Sumatera Utara, di Hotel Grand Mercure Medan Angkasa, Selasa (26/3/2019). 

Musa Rajekshah mengatakan, cakupan kesehatan semesta ini menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

“Cakupan kesehatan semesta ini menjadi suatu keniscayaan dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yakni mewujudkan masyarakat Sumatera Utara bermartabat dalam kehidupan karena memiliki kesehatan yang prima,”ujarnya.

Kemudian ia menyampaikan, saat ini Sumatera Utara tengah dihadapkan dengan berbagai tantangan dan isu-isu yang kritis yang perlu dijawab dengan peningkatan cakupan dan mutu imunisasi, percepatan eliminasi tuberculosis, percepatan penurunan stunting, percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Neonatal (AKN) serta peningkatan pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular.

Menurutnya, untuk penguatan pelayanan kesehatan melalui lima isu dimaksud, dibutuhkan rencana aksi di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. “Kami minta agar rencana aksi yang disusun dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan.  Sebabtantangan ke depan pembangunan kesehatan akan semakin berat,terutama dalam menghadapi era globalisasi yang menuntut kita dapat berkompetisi dengan daerah-daerah bahkan negara-negara yang sudah lebih maju,”ujarnya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, mengapresiasi  semangat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk melakukan peningkatan kesehatan di Sumut. 

“Saya pribadi memberi apresiasi kepada PemprovSumut atas pembangunan kesehatan di Sumut untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,”katanya.

Bila Djuwita Faried mengatakan, peningkatan kesehatan dapat dilakukan dengan mulai melakukan pembenahan rumah sakit yakni Rumah Sakit Haji Medan, sebab RS ini melayani masyarakat dalam dan luar kota Medan.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved