Masyarakat yang Tinggal di Kawasan Hutan Produksi di Deliserdang Berpeluang Miliki Sertifikat

Warga dari Kecamatan lain seperti di Kecamatan Sibolangit, Kutalimbaru, STM Hulu dan STM Hilir juga akan merasakan manfaatnya.

Masyarakat yang Tinggal di Kawasan Hutan Produksi di Deliserdang Berpeluang Miliki Sertifikat
Internet
Ilustrasi Hutan

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Deliserdang, Binsar Sitanggang menyebut adanya Program Tora (Tanah Objek Reforma Agraria) yang dikhususkan Pemerintah untuk Kabupaten Deliserdang disebut tidak hanya dimanfaatkan untuk masyarakat yang tinggal di sekitaran proyek bendungan Lau Simeme saja.

Atas adanya program TORA ini warga dari Kecamatan lain juga akan diupayakan untuk mendapatkan manfaat program ini.

Menurutnya warga dari Kecamatan lain seperti di Kecamatan Sibolangit, Kutalimbaru, STM Hulu dan STM Hilir juga akan merasakan manfaatnya.

Hal ini lantaran banyak warga lain yang juga saat ini tinggal di kawasan hutan tanpa disadari warga.

"Kalau prosesnya masih panjang nanti itu, karena setelah data kita kirimkan ke Provinsi nanti mereka juga akan turun ke lapangan untuk memastikan. Ya kan mereka mau tau juga apakah benarnya yang diusulkan sama Camat. Kalau untuk luas lahan yang diklaim masyarakat punya mereka itu kita enggak tau pasti berapa luasnya cuma khusus untuk bendungan Lau Simeme ada 420 hektare yang kena," kata Binsar

Binsar berpendapat selama ini warga tidak dapat disalahkan sebab selama ini dari pihak manapun termasuk Dinas Kehutanan Provinsi tidak pernah diberi sosialisasi mengenai mana batas tanah masyarakat dan mana batas kawasan hutan yang sebenarnya. Disebut tidak adanya patok dan sudah dikuasai secara turun-temurun oleh warga menjadi keyakinan warga selama ini kalau yang mereka kuasai itu adalah lahan mereka.

"Kalau untuk Program TORA hanya ditingkat Kabupaten yang tidak ada kalau tingkat Provinsi dan Pusat ada timnya. Program TORA ini intinya dapat merubah kawasan hutan menjadi bukan kawasan hutan. Ya kalau sudah berubah bisa bersertifikat," katanya.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved