Kemenpora Buka Pendaftaran Sekolah Khusus Olahragawan, Dispora Dorong Atlet Berprestasi Mendaftar

SKO Kemenpora RI merupakan wadah pembinaan lanjutan bagi calon olahragawan berprestasi.

Kemenpora Buka Pendaftaran Sekolah Khusus Olahragawan, Dispora Dorong Atlet Berprestasi Mendaftar
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Ketua umum Koni Sumut Jhon Ismadi Lubis (dua-kanan) bersama Ketum KONI Medan Edy H Sibarani (dua-kiri). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) membuka Pendaftaran seleksi penerimaan siswa baru (PSB) SMP/SMA negeri Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) tahun ajaran 2019-2020.

Pendaftaran tersebut dibuka sejak 12 Maret dan berakhir hingga 16 April 2019 mendatang.

SKO Kemenpora RI merupakan wadah pembinaan lanjutan bagi calon olahragawan berprestasi. Seleksi ini juga tidak dipungut biaya dan terbuka bagi seluruh olahragawan yang memiliki prestasi.

Pada seleksi tahun ini, ada 7 cabang olahraga yang dibuka yakni Bola Basket (putri), Gulat (putra), pencak silat (putra-putri), Renang (putra), Sepakbola (putra), Taekwondo (putra-putri), dan tenis meja (putra-putri).

Sebagai persyaratan utama SKO Kemenpora RI tahun ini terbuka bagi warga negara Indonesia berprestasi di bidang olahraga dengan nilai raport minimal rata-rata 6,5.

Kemudian disertai juga dengan fotocopy akte kelahiran, kartu keluarga, STTB/ijazah (NEM/SKUN) jenjang pendidikan terakhir yang dilegalisir sekolah asal, surat keterangan sehat, mengisi formulir riwayat kesehatan, fotocopy kartu BPJS, dan memenuhi persyaratan khusus cabang olahraga yang tercantum pada persyaratan khusus (tercantum pada poin C).

Selain itu, sebagai persyaratan pendukung juga turut melampirkan surat rekomendasi dari salah satu institusi yakni Dinas tingkat kabupaten/kota/Provinsi yang menangani bidang olahraga, induk organisasi Cabor Pengcab/Pengkot/pengprov, surat rekomendasi dari klub/perkumpulan olahraga asal bagi yang terikat perjanjian, serta foto terbaru 3x4 tiga lembar.

Untuk pengiriman berkas, dapat diantar langsung ataupun melalui jasa pengiriman kepada panitia seleksi siswa baru ragunan, Gedung PPITKON Kemenpora Lantai 2 Jalan Gerbang Pemuda No.3 Senayan, Jakarta. Pengumuman hasil seleksi berkas dijadwalkan pada 22 April 2019 yang dilanjutkan dengan proses seleksi selanjutnya sesuai jadwal yang tercantum dipengumuman.

Jika lulus seleksi, para siswa akan mendapatkan fasilitas yakni asrama, konsumsi, bebas biaya pendidikan/latihan, bantuan peralatan dan perlengkapan pendidikan/latihan, ujicoba Nasional/internasional, jaminan kesehatan, bantuan uang saku bulanan, serta tetap memiliki hak memperkuat daerah/perkumpulan asal pada berbagai kejuaraan.

Untuk jadwal dan persyaratan lengkap lebih lanjut, para calon siswa atau atlet berprestasi di Sumatera Utara dapat mengunduh (download) informasi lengkap melalui laman Kemenpora RI atau di alamat http://www.kemenpora.go.id/ index/preview/pengumuman/570

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved