Pulang ke Kampung Halaman, Daniel Ompusunggu Dirikan Rumah Singgah 'Jabu Sihol'

Daniel Ompusunggu terus mengeksplor kekayaan budaya batak lewat ide yang kreatif. ulang ke kampung halaman di Kota Pematangsiantar

Pulang ke Kampung Halaman, Daniel Ompusunggu Dirikan Rumah Singgah 'Jabu Sihol'
Istimewa
Daniel Ompusunggu (tengah) bersama dengan pengunjung dari luar negeri yang berkunjung ke Jabu Sihol.(ist). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Daniel Ompusunggu terus mengeksplor kekayaan budaya batak lewat ide yang kreatif. 

Pulang ke kampung halaman di Kota Pematangsiantar pada tahun 2013, Daniel semakin gigih memperkenalkan Danau Toba dan kebudayaan batak ke manca negara. 

Daniel sudah mempersentasikan kekayaan tanah batak ke 10 negara di bagian eropa dan asia.

Pemuda berusia 30 tahun yang terkenal dengan rumah singgah yang diberi nama "Jabu Sihol" telah mendapatkan apresiasi dari pengunjung. 

Di Jabu Sihol pengunjung dapat membaca buku bertema tradisi dan menginap gratis dengan syarat menjadi volunteer.

Ketika mendapatkan apresiasi dari masyarakat luas, Daniel kembali dengan ide yang baru. Ia menambahkan program dan lokasi baru Jabu Sihol yang ditempatkan di Jalan Bahkora II, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar.

Lokasi yang berada di pinggir sawah itu masih dalam pengerjaan. Kepada tribun-medan.com, Daniel menceritakan telah merancang hal baru dalam Jabu Sihol yang sudah didirikan sejak tahun 2016. 

Ada pun hal baru itu yakni memberi pelatihan memasak makanan khas Batak, bertenun ulos, memancing, bertani, dan manortor (menari suku batak).

"Setiap pengunjung dari manca negara atau lokal yang datang dapat mengikuti program pelatihan tersebut. Kita berharap wisatawan setelah dari sini tetap rindu ke Siantar, sesuai dengan namanya Jabu Sihol (Rumah Rindu),"ujarnya.

Daniel mengungkapkan untuk pelatihan akan dibimbing langsung oleh ahlinya. Untuk bertani, pengunjung dapat menggunakan sawah warga sekitar. Warga akan mengajari cara menanam dan memanen padi.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved