Pemko Binjai Gandeng BI dan Bank Sumut dalam Pengembangan UMKM Lokal

Pemko Binjai gandeng ecommerce PT.Bukalapak.com, Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut dan PT. Bank Sumut

Pemko Binjai Gandeng BI dan Bank Sumut dalam Pengembangan UMKM Lokal
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Walikota Binjai M Idham saat mengunjungi pemeran UMKM Kota Binjai di Pendopo Umar Baki 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Pemko Binjai gandeng ecommerce PT.Bukalapak.com, Kantor Perwakilan BI Provinsi Sumut dan PT. Bank Sumut dalam pengembangan UMK Di Kota Binjai. 

Hal ini ditandai dengan penandatanganan tentang Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Penyediaan Jasa Perbankan di Kota Binjai, sekaligus Pemeran UMKM Kota Binjai di Pendopo Umar Baki, Jum'at (5/04/2019).

Kesepakatan ini dasar dan pedoman bagi para pihak dalam melaksanakan program atau kegiatan yang akan disepakati dalam pengembangan UMKM. Kegiatan dengan memanfaatkan teknologi finansial menuju masyarakat cerdas, kreatif inovatif, dan berjiwa wirausaha di lingkungan Pemko Binjai.

Adapun kegiatan melaksanakan pemilihan bagi pelaku UMKM kota Binjai sebanyak 130 peserta dari 6889 pelaku usaha yang terdaftar di aplikasi UMKM, sementara itu dari 130 peserta yang dilatih baru 26 pelaku UMKM yang akan bermitra dengan PT. Bukalapak.com melalui akusisi PT. Bukalapak.

Presiden PT. Bukalapak.com, Fajrin Rasyid mengatakan bahwa ada 4 juta lebih UKM yang bergabung dengan Bukalapak.

"Sebagai e-commerce kami itu tidak menjual barang sendiri, kami hanya memfasilitasi teman-teman UKM untuk bisa berjualan melalui platform kami yaitu Bukalapak.com," jelasnya.

Fajrin mengatakan dari 4 juta UKM tersebut, dari Sumut belum banyak dan masih di angka puluhan ribu. Dengan kerjasama antara 4 pihak ini diharapkan menjadi awal yang baik.

"Nanti ke depannya bantuan yang kita berikan kepada UKM itu bisa end to end, dari mulai menyiapkan, pelatihan, branding, modal dan juga pemasaran melalui Bukalapak,"katanya.

Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, T. Mahmud Jeffry menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terjadinya kesepakatan bersama ini. Diharapkan dapat mewujudkan pemberdayaan dan pengembangan UMKM kota Binjai.

"Bank Sumut menyambut baik dan mendukung kolaborasi melalui kerjasama ini diharapkan para pelaku UMKM dapat mengembangkan dan mempromosikan usahanya lebih luas lagi", ucapnya.

Andi S Wiyana, Direktur BI Sumut mengatakan bahwa kerja sama antara 4 pihak dalam mengembangkan kemajuan UMKM baru sekarang dilakukan di Indonesia, dan BI sangat mensupport langkah yang diambil.

"Bagi BI, langkah ini merupakan langkah yang benar-benar kami suppport karena kami yakin pengembangan UMKM sangat berpengaruh bagi perekonomian Indonesia. Menurut data BI, sektor UMKM menyerap 97,04 juta tenaga kerja atau 99% dari total tenaga kerja yang ada di Indonesia. Kontribusinya dalam PBD juga cukul signifikan yaitu 55, 56% dari PBD nasional", jelasnya.

Walikota Binjai H. M. Idaham mengatakan bahwa kesepakatan bersama ini merupakan langkah awal untuk membangun sinegritas dan hubungan kerja yang lebih baik. Ke depannya dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

"Mudah-mudahan, apa yang kita upayakan ini akan lebih mendorong lahirnya pelaku UMKM dan usahan UMKM Kota Binjai yang lebih maju, modern, berkualitas dan siap bersaing di pasaran yang lebih luas melalui market place dengan integrasi layanan perbankan dan e-commerce", jelasnya.

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved