Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Karo Gelar Pemilu Run

Salah satu faktor yang menandai suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu), adalah tingginya partisipasi pemilih

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPUD Karo Gelar Pemilu Run
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, membubuhkan tanda tangan pada deklarasi Pemilu damai, di depan kantor DPRD Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Minggu (7/4/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Salah satu faktor yang menandai suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu), adalah tingginya partisipasi pemilih pada saat pemungutan suara. 

Seperti diketahui, sebentar lagi seluruh warga Indonesia akan mengikuti Pemilu serentak pada 17 April mendatang.

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo rutin menggelar sosialisasi. 

Kali ini, bentuk sosialisasi yang digelar adalah Pemilu Run, yang digelar di kawasan Kantor DPRD Karo, Jalan Veteran, Kabanjahe, Minggu (7/4/2019).

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan ST, mengungkapkan kegiatan ini merupakan program KPU secara nasional, dan serentak digelar di seluruh kabupaten dan kota. Gemar menyebutkan, aksi ini merupakan salah satu program untuk mengingatkan masyarakat untuk menyosialisasikan Pemilu.

"Agar masyarakat tetap ingat dan semakin tau kalau sebentar lagi kita akan menyelenggarakan pesta demokrasi. Selain itu, masyarakat juga bisa terlibat untuk ambil andil menyukseskan Pemilu," ujar Gemar.

Selain meningkatkan partisipasi pemilih, pada kegiatan ini juga sekaligus untuk memperkenalkan lagi proses-proses pada saat penyelenggaraan Pemilu. Gemar mengaku, dengan seringnya KPUD menggelar acara yang melibatkan masyarakat, juga bertujuan sebagai ajang pendekatan atar penyelenggara pemilu dengan masyarakat.

"Selain diikuti penyelenggara, juga kita hadirkan Forkopimda seperti Bupati, Kapolres, dan instansi lainnya. Tak hanya itu, seluruh elemen masyarakat juga kita ajak ikut ambil andil. Ini bagus untuk sosialisasi mengenai 17 April," katanya.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, Gemar berharap partisipasi masyarakat pada saat pencoblosan dapat semakin meningkat. Dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk aktif datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya.

"Mari kita hadir dan jangan Golput, awasi kami sebagai penyelenggara hingga ke lapisan bawah. Dan kalau sudah mencoblos jangan langsung pulang, agar bisa ikut mengawal dan menjamin keterbukaan pada saat perhitungan suara," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved