BKN Umumkan Kelulusan PPPK di 112 Instansi, Peserta Bisa Cek Link Berikut Ini

BKN menyebutkan dari 314 instansi yang membuka formasi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

BKN Umumkan Kelulusan PPPK di 112 Instansi, Peserta Bisa Cek Link Berikut Ini
TRIBUN MEDAN/SATIA
Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan memberikan Cenderamata oleh kepada Manager Produksi Harian Tribun Medan, Perdata Ginting, di ruang rapat Tribun Medan, Jalan KH Wahid Hasyim, Kota Medan, Sabtu (9/2/2019). 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan dari 314 instansi yang membuka formasi seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap I sebanyak 112 instansi telah siap mengumumkan kelulusan, Senin (8/4/2019).

"Yang masih menunggu approval BKN," kata Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan.

Selain itu, dirinya mengatakan saat ini ada tiga Kabupaten di Indonesia yang belum menyelesaikan perhitungan dan masih menunggu.

"Tinggal tiga pemerintah kabupaten, yaitu Pemkab Manokwari, Pemkab Kaimana, dan Pemkab Nunukan," ucap Ridwan.

Kemudian, Muhammad Ridwan mengatakan, kepada peserta yang sudah melamar dan belum mengetahui proses tersebut dapat dilihat melalui website yang sudah diberitahukan sebelumnya.

"Pemkab yang sudah selesai DS (digital signature), bisa langsung mengumumkan atau klik final DS agar peserta bisa lihat hasil dengan login di web SSCASN," kata Ridwan.

Ridwan menjelaskan, hasil penetapan kelulusan peserta diumumkan oleh panitia instansi masing-masing. Hal ini sesuai dengan Peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PPPK Pasal 22 Ayat (3) dan Ayat (6).

Setelah dinyatakan lulus, peserta akan mengikuti tahap selanjutnya, yaitu masuk pada bagian pemberkasan.

"Peserta yang dinyatakan lulus selanjutnya mengikuti tahap pemberkasan yang dilakukan instansi sebagai proses pemeriksaan kelengkapan administrasi, paling lambat 15 hari kerja sejak pengumuman kelulusan," ujar dia.

Setelah tahap pemberkasan, instansi melakukan pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP) ke BKN, kemudian akan dilakukan verifikasi terhadap lampiran persyaratan berkas peserta.

"Proses verifikasi penetapan NIP dilakukan BKN dalam jangka waktu 25 hari kerja terhitung sejak penyampaian usul penetapan NIP disampaikan oleh instansi," tutur Ridwan.

Pengumuman kelulusan ini dapat dilihat peserta pada laman instansi masing-masing atau melalui situs milik BKN, https://sscasn.bkn.go.id.

Masyarakat diimbau untuk tidak mudah percaya terhadap setiap informasi yang ada.

"Seluruh pelaksanaan seleksi PPPK Tahap I tidak dipungut biaya. Hindari penipuan dengan melihat pengumuman resmi melalui laman informasi resmi seperti situs dan media sosial instansi atau BKN," ujar Ridwan.

Sebagai tambahan informasi, pemerintah telah mengumumkan akan melakukan rekrutmen PPPK dalam dua tahap, di mana tahap kedua akan dilaksanakan seusai Pemilu 2019.
(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved