Camat Deliserdang Mengeluh Alat Perekam e-KTP Sudah Lama Rusak

Kecamatan Beringin dan Gunung Meriah membenarkan bahwa pelayanan untuk pembuatan KTP elektronik di wilayah itu sudah tidak bisa dilakukan.

Camat Deliserdang Mengeluh Alat Perekam e-KTP Sudah Lama Rusak
TRIBUN-MEDAN/Joseph Ginting
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com - Pihak Kecamatan Beringin dan Gunung Meriah membenarkan bahwa pelayanan untuk pembuatan KTP elektronik di wilayah itu sudah lama tidak bisa dilakukan. 

Hal ini lantaran perangkat yang tersedia sudah tidak dapat dipergunakan lagi akibat rusak. Meski sudah bertahun-tahun rusak namun hingga kini belum ada tindaklanjut kapan akan diperbaiki.

Camat Beringin, Ayub yang diwawancarai mengakui tidak mengetahui secara pasti apa penyebab kerusakan. 

Menurutnya semenjak dirinya ditugaskan sebagai Camat di kawasan Beringin beberapa bulan lalu pelayanan untuk pembuatan KTP elektronik memang sudah terhenti. 

Disebut semua warga yang ingin bermohon harus berangkat ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang ada di Lubuk Pakam.

" Kalau saya tanya sama anggota katanya sekitar setahun gitulah sudah rusak makanya enggak bisa. Sudah kami sampaikan sebenarnya sama Dinas Capil tapi enggak ada juga (perbaikan). Ya kalau sudah seperti itu ya enggak bisa lah (melayani perekaman di Kecamatan),"ujar Ayub ketika di temui di kantor Bupati Senin (8/4/2019).

Ia menyebut pihak Disdukcapil sudah pernah menyampaikan kepada pihak Kecamatan agar pelayanan bagi warganya dilakukan saja di kantor dinas. 

Dianggap kalau jarak Kecamatan Beringin dan Lubuk Pakam masih tergolong dekat dan karena berbatasan. 

Ayub menyebut kerusakan tidak mungkin mereka yang menindaklanjuti karena penyaluran seluruh perangkat didapat dari Disdukcapil.

" Kalau biaya perbaikannya besar juga itu. Lebih lah (Rp 50 juta) jumlahnya. Mana bisa kita yang perbaiki karena punya Capil itu,"kata Ayub.

Halaman
12
Penulis: Indra Gunawan
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved