Hari Terakhir Pengajuan Formulir Pindah Memilih, Situasi Kantor KPUD Asahan Normal

Suasana kantor KPUD Asahan yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Kisaran pada hari terakhir pengajuan formulir pindah memilih

Hari Terakhir Pengajuan Formulir Pindah Memilih, Situasi Kantor KPUD Asahan Normal
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Komisioner KPUD Asahan Divisi Program dan Data, Kelana Muttaqin Simanjuntak. 

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Suasana kantor KPUD Asahan yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Kisaran pada hari terakhir pengajuan formulir pindah memilih (A5) untuk keadaan tertentu terpantau normal.

Hingga Rabu (10/4/2019) pukul 16.00 WIB, tidak terdapat adanya antrian warga yang ingin melakukan pengurusan A5.

Komisioner KPUD Asahan Divisi Program dan Data, Kelana Muttaqin Simanjuntak menjelaskan, sejak pihaknya menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 20/PUU-XII/2019 dan keluarnya Surat Edaran (SE) KPU RI Nomor 577, tidak pernah sama sekali adanya antrian masyarakat.

"Yang datang untuk melakukan pengajuan ke kami ada. Jumlahnya sampai hari ini (Rabu) sekitar ratusan. Pastinya belum tahu, karena masih direkap," kata Kelana, Rabu.

Ia pun menyatakan, beberapa masyarakat yang melakukan pengajuan A5 terpaksa ditolak, karena kriterianya diluar dari keadaan tertentu yang diperkenankan.

"Ada yang datang dari luar kota, minta dibuatkan A5-nya, tetapi alasanya karena ikut istri yang bekerja disini, terpaksa kami tolak. Pokoknya ada aja yang datang, alasannya macam-macam, yang tidak bisa kami akomodir," sebutnya.

Kelana menjelaskan adapun warga yang bisa dikeluarkan A5 hingga 10 April 2019 yaitu hanya ada empat keadaan tertentu saja.

"Kami mengakomodir pemilih dengan keadaan tertentu yaitu pertama, keadaan tidak terduga di luar kemampuan dan kemauan pemilih karena sakit. Kedua, tertimpa bencana alam," ungkapnya

"Ketiga, berlaku bagi warga yang menjadi tahanan karena melakukan tindak pidana. Terakhir, karena menjalankan tugas pada saat atau hari pemungutan suara. Selain itu tidak kami akomodir," pungkasnya

(ind/tribun-medam.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved