Viral BLACKPINK dan K-Pop Masuk Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional, Ini Tanggapan Federasi Guru

Sebuah pertanyaan dalam soal tersebut terlihat memuat foto suatu grup musik asal Korea Selatan, BLACKPINK. Ada juga soal yang menanyakan lagu boyband.

Viral BLACKPINK dan K-Pop Masuk Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional, Ini Tanggapan Federasi Guru
eonline
BLACKPINK TERBARU - CARA MUDAH Download Lagu MP3 Terbaru Kill This Love BLACKPINK 

TRIBUN-MEDAN.com-Sebuah foto yang memperlihatkan lembaran soal yang diduga merupakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) viral di media sosial, salah satunya Facebook.

Sebuah pertanyaan dalam soal tersebut terlihat memuat foto suatu grup musik asal Korea Selatan, BLACKPINK. Ada juga soal yang menanyakan lagu boyband K-Pop.

Bahkan, dalam soal esai juga terdapat soal mengenai film Dilan 1990 (2018). Siswa diminta untuk menggambarkan karakter yang ada dalam film ini.

Awalnya, foto ini diunggah oleh sebuah akun pada Selasa (9/4/2019) sore. Unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 4.500 kali dan mendapatkan ratusan komentar warganet.

Kompas.com telah menghubungi pengunggah dan mendapatkan informasi bahwa soal ini diujikan kepada siswa SMP di daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Berikut foto soal yang viral ini:

Tangkapan layar sebuah soal yang viral di media sosial, di mana kontennya memuat foto Blackpink dan film Dilan 1990
Tangkapan layar sebuah soal yang viral di media sosial, di mana kontennya memuat foto Blackpink dan film Dilan 1990 (Facebook)

Menanggapi ini, Wakil Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim menilai bahwa soal itu terbilang wajar.

Menurut dia, pembuat soal kemungkinan ingin menyesuaikan perkembangan zaman. Meskipun begitu, Satriwan lebih condong apabila yang ditampilkan dalam soal tersebut lebih menunjukkan potensi anak bangsa.

"Saya memahami soal-soal tersebut dibuat dan diusahakan agar kontekstual dengan 'dunianya siswa Gen Z' ini, agar terkesan kekinian dan tidak jauh dari kehidupan sehari-hari mereka," kata Satriwan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/4/2019).

"Tidak ada yang salah dengan mengambil contoh grup Korea tersebut. Namun, ada baiknya pengambilan contoh kasus misalnya grup vokal yang cita rasanya 'meng-Indonesia'. Agar anak-anak kita makin paham dengan produk-produk kreatif anak bangsa," ujar dia.

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved