Begini Cara Kerja TPS Mobile untuk Pasien Rumah Sakit

pasien dan keluarga pasien di rumah sakit tidak akan kehilangan hak politiknya dalam pemilu dengan keberadaan TPS keliling ini.

Begini Cara Kerja TPS Mobile untuk Pasien Rumah Sakit
TRIBUN MEDAN/FATAH BAGINDA GORBY
Komisioner KPU Sumut, Herdensi Adnin. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumut, Herdensi Adnin membenarkan pihaknya mengadakan TPS keliling untuk melayani para pasien rumah sakit menunaikan hak pilihnya. 

Namun, Densi mengatakan keberadaan TPS mobile itu jangan disalahartikan layaknya layanan bergerak seperti pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) maupun Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) keliling. 

Di mana layanan tersebut, kata Densi akan mengambil lokasi strategis dan menunggu para pemilih datang untuk menunaikan hak pilihnya. 

Bagi Densi TPS keliling ini dilakukan dengan cara sistem 'jemput bola' ke lokasi pasien berada.

Ia berharap pasien dan keluarga pasien di rumah sakit tidak akan kehilangan hak politiknya dalam pemilu dengan keberadaan TPS keliling ini. 

"Pada hari H pencoblosan,  kami menyediakan fasilitas TPS keliling (mobile) di lingkungan RS atau layanan rawat inap lainnya, seperti Puskesmas rawat inap, poliklinik atau rumah bersalin," katanya, Kamis (11/4/2019).

Cara kerja TPS keliling itu nanti, menurut Densi, yakni petugas dari Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) terdekat fasilitas kesehatan itu bakal mendatangi rumah sakit tersebut. 

"Biasanya TPS yang jaraknya dekat dari rumah sakit misalnya di Rumah Sakit Pirngadi berada di Kelurahan Perintis Kemerdekaan maka TPS terdekat yang akan mendatangi ke sana," katanya. 

Menurut Densi, nantinya para KPPS yang didampingi pengawas dan saksi dari masing-masing peserta pemilu bakal berkeliling sambil membawa surat suara dan kotak suara.

Dikatakannya, pasien maupun keluarga yang medampingi  akan menyalurkan hak pilihnya cukup membawa formulir pindah pilih atau A-5 saja. Dengan begitu akan dapat menunaikan haknya di rumah sakit tanpa perlu pergi ke TPS.

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved