Senjata Rahasia KPU untuk Mengungkap Surat Suara Dicoblos di Selangor & Perludem Beber Keganjilan

Irma mengatakan sangat mungkin kejadian di Malaysia ini sarat dengan kepentingan politik untuk mendelegitimasi Pemilu dan pihak penyelenggara Pemilu.

TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Senjata Rahasia KPU untuk Mengungkap Surat Suara Dicoblos di Selangor & Perludem Beber Keganjilan. Pelipatan surat suara untuk surat suara Pilpres dan DPD, di Aula KPU Binjai l, 21 Maret 019. 

Senjata Rahasia KPU untuk Mengungkap Surat Suara Dicoblos di Selangor & Perludem Beber Keganjilan

TRIBUN-MEDAN.COM - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI ternyata memiliki senjata rahasia yang tak banyak diketahui publik untuk memastikan keaslian surat suara untuk Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif  yang akan dipergunakan 17 April 2019.

Senjata rahasia ini diungkap komisioner KPU Wahyu Setiawan saat KPU dan Bawaslu RI masih menginvestigasi video yang menunjukkan surat-surat suara tercoblos di Selangor, Malaysia.

Dalam video tersebut, surat-surat suara itu terlihat tercoblos untuk memilih calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin, dan caleg-caleg dari Partai Nasdem.

Wahyu Setiawan, mengatakan sejauh ini KPU masih belum bisa memberi kesimpulan terkait temuan itu, termasuk memastikan keaslian surat suara itu.

"Itu belum kita ketahui, itulah kenapa kita kirim tim (ke Malaysia) untuk mendapat info akurat dan dapat dipertanggungjawabkan," ujar Wahyu.

kpu

KPU menggelar konferensi pers terkait video yang memperlihatkan temuan sejumlah surat suara yang sudah tercoblos/NOVA WAHYUDI.

Wahyu mengatakan surat suara yang asli adalah surat yang diproduksi oleh KPU.

Adapun ciri surat suara asli yang sah, kata Wahyu, antara lain:

1. Memiliki tanda khusus yang tidak kasat mata.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: bbc
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved