Dinas Sosial Sumut Pastikan Kementerian Sudah Berikan Bantuan untuk Warga Korban Bandang Martelu

Belum ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 untuk bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana alam melalui Dinsos Sumut

Dinas Sosial Sumut Pastikan Kementerian Sudah Berikan Bantuan untuk Warga Korban Bandang Martelu
TRIBUN MEDAN
Dinas Sosial Sumut Pastikan Kementerian Sudah Berikan Bantuan untuk Warga Korban Bandang Martelu. Banjir di Desa Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang. 

Dinas Sosial Sumut Pastikan Kementerian Sudah Berikan Bantuan untuk Warga Korban Bandang Martelu

TRIBUN MEDAN.com-Kepala Seksi (Kasi) Bencana Alam Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sumatera Utara, Lihat Silalahi mengatakan, saat belum ada bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang terkena banjir bandang yang terjang Desa Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (20/4/2019).

"Kalo dari APBD provinsi tahun ini blm ada. kabarnya dari kementerian sudah ada bantuan langsung," kata Kasi Bencana Alam Dinsos Sumut, Lihat Silalahi.

Dirinya menjelaskan, belum ada dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2019 untuk bantuan kepada masyarakat yang terkena bencana alam melalui Dinsos Sumut.

Akan tetapi untuk bantuan langsung, seperti uang tunai, lihat Silalahi mengatakan, Kementerian Sosial sudah menyiapkan anggaran untuk diberikan kepada korban bencana alam.

"Katanya baru minggu yang lewat. Kami Provinsi gak tau karena penyerahan bantuannya lewat rekening penerima. kami hanya dengar-dengar aja bahwa bantuannya sudah ada," ujarnya.

Diketahui, banjir bandang tersebut terjadi pada Kamis (19/4/2019). Pascakejadian itu setidaknya beberapa rumah dan areal pertanian warga mengalami kerusakan.

Banjir tersebut terjadi, menurut informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) Sumut, hujan lebat dari daerah Gunung Sibayak, untuk lokasi persis pada kejadian pemandian yang dulu pernah memakan korban 7 orang.

Detik-detik Fans Bola Cantik Terlempar Ditabrak Sedan Putih saat Teriakkan Yel-yel Klub Galatasaray

 Video Prabowo SIAP PRESIDEN Diparodikan Banyak Netizen hingga Viral di Media Sosial

Diduga Kelelahan saat Bertugas Anggota KPPS 43 TPS Gedung Johor Zulkifli Salamuddin Meninggal Dunia

Mengenang Pertemuan Prabowo Subianto dan Jokowi di Pilpres 2014, Pertemuan Keduanya di Rumah Sumitro

Lihat Silalahi mengatakan, bantuan yang disalurkan oleh Kementerian Sosial, berupa uang tunai Rp 10 ribu perharinya, dan diberikan kepada setiap orang.

"namanya bantuan jaminan hidup selama 60 hari. Jadi bantuannya 10 rb per hari x 60 hari per jiwa," katanya.

Halaman
12
Penulis: Satia
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved