Tindak Lanjut Kasus OTT Money Politics, Ketua Bawaslu Karo Sebut akan Panggil Saksi Besok

Setelah melakukan klarifikasi terhadap seluruh saksi, nantinya pihaknya akan kembali melakukan pleno tahap kedua.

Tindak Lanjut Kasus OTT Money Politics, Ketua Bawaslu Karo Sebut akan Panggil Saksi Besok
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Ketua Bawaslu Karo Eva Juliani Pandia saat ditemui di kantornya, Minggu (21/4/2019). Dalam tindak lanjut kasus OTT Money Politic, dirinya menyebutkan akan memanggil para saksi, Senin (22/4/2019) besok.  

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) dua Calon Legislatif (Caleg) dan tiga orang Tim Sukses (TS), yang ditangkap oleh petugas dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) beberapa waktu lalu, saat ini memasuki babak baru. Sebelumnya, Ketua Bawaslu Karo Eva Juliani Pandia, mengungkapkan pihaknya akan melakukan rapat pleno untuk menentukan tindak lanjut dari kasus pelanggaran pemilu itu.

Eva menyebutkan, setelah melakukan rapat pleno pada Selasa (16/4/2019) kemarin, pihaknya akan melakukan tindakan lanjut ke tahap penyidikan.

Eva mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil orang-orang yang diindikasi terlibat di dalam kasus tersebut.

"Setelah pleno kemarin, rencananya kami akan melakukan klarifikasi kepada orang-orang yang dapat kami mintai keterangannya, Senin (22/4/2019) besok," ujar Eva, Minggu (21/4/2019).

Eva menyebutkan, orang-orang yang nantinya akan dipanggil termasuk para Caleg yang pada saat penangkapan ditemukan kartu namanya.

Diketahui, selain barang bukti berupa uang tunai pihak Gakkumdu juga mendapati ratusan lembar kartu nama dari beberapa Caleg.

Di antara Caleg DPR RI Thomas Joverson Ginting, Caleg DPRD Sumut Indra Maha, dan Caleg DPRD Karo Kawar Sembiring.

"Karena kemarin kita temukan kartu nama yang jumlahnya cukup banyak, jadi beberapa Caleg yang terlibat akan kita minta keterangan. Mulanya kita mintai sumpah dan janji, selanjutnya akan kita mintai keterangan secara terpisah," katanya.

Wanita berkacamata itu mengatakan, nantinya pada saat pemeriksaan lanjutan pihaknya akan melibatkan seluruh tim dari Sentra Gakkumdu. Yang di dalamnya berisikan dari institusi kepolisian, kejaksaan, serta Bawaslu sendiri sebagai pihak yang mengurus segala bentuk pelanggaran pemilu.

Eva mengungkapkan, setelah melakukan klarifikasi terhadap seluruh saksi, nantinya pihaknya akan kembali melakukan pleno tahap kedua.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved