TERPOPULER SUMUT - Edy Rahmayadi Potong Gaji PNS 2,5 % untuk Zakat hingga Tanggapi Bupati Madina

Fakta-fakta tentang pernyataan Edy Rahmayadi soal gaji PNS/ASN hingga pengunduran diri Bupati Mandailing Natal (Madina).

TERPOPULER SUMUT - Edy Rahmayadi Potong Gaji PNS 2,5 % untuk Zakat hingga Tanggapi Bupati Madina
Tribun Medan/Satia
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi oleh Wakil Gubernur Musa Rajekshah, saat ditemui seusai melaksanakan salat, di Masjid Agung, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Senin (22/4/2019). 

Fakta-fakta tentang pernyataan Edy Rahmayadi soal gaji PNS/ASN hingga pengunduran diri Bupati Mandailing Natal (Madina).

/////

TRIBUN-MEDAN.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan memotong 2,5 persen gaji para aparatur sipil negara (ASN) atau PNS yang beragam Islam setiap bulannya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan bahwa zakat merupakan ketentuan agama yang diperintahkan Allah SWT kepada umat yang memiliki besaran harta tertentu.

“Jangan sangsi zakat yang diberikan tidak sampai. Jadi bayarakanlah zakat anda ke (melalui) Baznas. Karena kalau kita mati (meninggal dunia), ada tiga hal yang bisa membantu kita. Pertama, anak yang soleh. Kedua, ilmu yang bermanfaat, dan yang ketiga, ini amal zariyah, termasuklah zakat ini di dalamnya,” ujar Edy dalam acara Sosialisasi Zakat bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut, Jumat (19/4/2019).

Edy mengatakan, Sumatera Utara memasang target pengumpulan zakat sekitar Rp 60 miliar, sedangkan yang tercapai pada 2018 lalu sebesar Rp 20 miliar.

Oleh karena itu, dia meminta agar gaji ditambah Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) yang diterima para ASN setiap bulan langsung dipotong 2,5 persen untuk zakat dengan ketentuan penghasilan mencapai nisab (jumlah tertentu).

“Setuju kita ya, gaji dan TTP (tunjangan) dipotong langsung untuk zakat. Nanti saya ingin tahu berapa zakat yang terkumpul dalam sebulan. Kita mau lihat bagaimana bisa membantu masyarakat miskin, membangun masjid dan mensejahterakan umat. Jadi potongan uang anda, manfaatnya untuk kita juga. Mohon diawasi ini secara ketat,” ungkapnya.

Dia juga melihat potensi dari zakat dengan jumlah penduduk Muslim di Sumut bisa mencapai Rp 3 triliun per tahun.

Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution menuturkan, zakat harus dipahami sebagai kewajiban setiap umat Islam yang telah memenuhi nisab untuk membersihkan harta.

Halaman
123
Editor: Abdi Tumanggor
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved