Breaking News:

Ini Isi Surat Adolf Hitler yang Terdesak Kalah dalam Persembunyian, Bakal Dilelang Rp 424,4 Juta

Pemimpin Nazi Adolf Hitler menyampaikan sebuah pesan terakhirnya dalam sebuah tulisan yang dijuluki "catatan bunuh diri".

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Alexander Historical Auctions via New York Post
Catatan ini dianggap satu-satunya bukti tertulis Adolf Hitler menyatakan niatnya untuk tetap berada di Berlin untuk mati. 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemimpin Nazi Adolf Hitler menyampaikan sebuah pesan terakhirnya dalam sebuah tulisan yang dijuluki "catatan bunuh diri".

Pesan telegraf tersebut kini siap untuk dilelang oleh Alexander Historical Auctions di Maryland, AS, pada 30 April-1 Mei 2019.

Laporan The New York Post pada Rabu (24/4/2019) menyebutkan, catatan itu akan ditawarkan dengan harga awal senilai 30.000 dollar AS atau sekitar Rp 424,4 juta.

Namun balai lelang yakin, pesan sang fuhrer bakal terjual hingga mencapai 80.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 miliar.

Presiden balai lelang, Bill Panagopulos, mengatakan telegraf tersebut pada dasarnya merupakan catatan bunuh diri Hitler.

"Tidak ada bukti tertulis lain tentang Hitler yang menyatakan niatnya tetap diBerlin," ucapnya.

"Dia mencoba menggambarkan dirinya sebagai pemimpin yang gagah berani untuk anak buahnya sampai akhir, ketika pada kenyataan dia menuju kamar dan menembakkan peluru pada kepalanya," ujarnya.

Lalu seperti apa isi pesan terakhir pemimpin Nazi? 

Pada catatan itu, Hitler menolak melarikan diri dari Berlin, hanya beberapa hari sebelum dia bunuh diri.

Saat itu, Kanselir Jerman tersebut mengirim memo bersejarah ke salah satu komandan favoritnya, Ferdinand Schorner, yang mendesaknya segera kabur dari ibu kota yang dikepung.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved