Sekolah Budi Utomo Medan Terapkan Pendidikan Karakter agar Siswa Mandiri

Sekolah Budi Utomo saat ini memiliki siswa dan siswi sebanyak 435 orang mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA.

Sekolah Budi Utomo Medan Terapkan Pendidikan Karakter agar Siswa Mandiri
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Pengajar dan siswa Budi Utomo Abdi Nusa Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com-Yayasan Pendidikan Budi Utomo Abdi Nusa Medan yang berada di Jalan Jurung No 33 dan Jalan Sibarau No 17 Medan ini juga memiliki misi membentuk murid yang berkeahlian dan berinovatif dengan beragam kegiatan yang kreatif.

“Membentuk pribadi yang percaya diri dan mandiri menjadi seseorang yang profesional dan tanggung jawab juga menjadi misi dari Budi Utomo,” ujar Kepala Sekolah Budi Utomo Medan, Sundut Hasan Nasution, Kamis (25/4/2019).

Ia menjelaskan, misi-misi tersebut yang kemudian diterapkan kepada siswa dan siswi mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Pada prinsipnya setiap sekolah mengutamakan budi pekerti dan hal tersebut menjadi landasan utama dan sesuai dengan harapan undang-undang pendidikan yaitu bagaimana menciptakan murid yang berkarakter dan hal tersebut yang coba diterapkan di Budi Utomo Medan,” jelasnya.

Ia menerangkan, Sekolah Budi Utomo mengutamakan siswa yang memiliki ilmu dan karakter yang tinggi, mempunyai talenta dengan mengembangkan potensi apa yang dimilikinya dan menguasai keahlian tertentu dan mengembangkan keahlian tersebut.

“Ini dilakukan agar para siswa dan siswi bisa mandiri sejak dini. Karena jika tidak mandiri sejak dini bisa menjadi generasi yang terbelakang atau tidak bisa bersaing dengan yang lain,” terangnya.

Ia menuturkan, sementara untuk visi yang diterapkan Sekolah Budi Utomo adalah menjadikan dan wujudkan muris berkarakter positif, bertalenta, menguasai keahlian dan mandiri mulai dari attitude, talent, skill dan independent.

“Hal tersebut yang ingin kami wujudkan, untuk itu juga kemudian disediakan berbagai fasilitas sebagai salah satu upayanya,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, setiap saat sekolah selalu menekankan bagaimana pembangunan karakter itu sendiri, budayanya bagaimana, sikapnya, keteladananya hal tersebut harus diterapkan setiap hari oleh siswa.

“Dan juga kami lakukan berbagai kegiatan seperti seminar yang tak hanya melibatkan siswa tetapi juga orang tua siswa agar tidak hanya mendengar tetapi juga ikut berbuat bagaimana membangun karakter anak,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, masih bagian untuk mengembangkan karakter siswa, Sekolah Budi Utomo juga menghadirkan beberapa program lainnya seperti taichi, scrabble, catur, parenting seminar, bola basket dan masih banyak lagi.

“Taichi akan menjadi bagian terpenting dan juga menjadi ikon untuk mata pelajaran olahraga di Sekolah Budi Utomo,” sebutnya.

Ia mengatakan, Sekolah Budi Utomo saat ini memiliki siswa dan siswi sebanyak 435 orang mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA. (pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved