Ini Deadline Rekapitulasi di Tingkat PPK Berdasarakan Surat Edaran KPU

Bila jumlahnya 201 sampai 400 TPS dapat dilaksanakan paling lama 10 hari, jumlah 401 hingga 600 TPS dapat dilaksanakan paling lama 15 hari.

Ini Deadline Rekapitulasi di Tingkat PPK Berdasarakan Surat Edaran KPU
Tribun Medan/Indra Gunawan
Foto Ilustrasi: Rekapitulasi Suara 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Proses rekapitulasi suara di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kini tengah berlangsung. Seluruh peserta pemilu baik, partai politik, calon Anggota Legislatif hingga tim pemenangan Capres-Cawapres mengikuti sambil berharap- harap cemas pada tahapan pemilu ini.

Tak sedikit peserta pemlu mengeluhkan lambatnya jalan proses perhitungan di PPK.

Menanggapi hal tersebut, Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Sumatera Utara melalui anggotanya, Benyamin Pinem mengatakan deadline rekapitulasi di PPK telah diatur sebelumnya.

Hal itu sesuai dengan surat edaran KPU RI nomor 653/PL.02.6-SE/06/KPU/IV/2019 perihal penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara.

"Pada surat edaran tersebut sesuai butir C menyatakan bahwa PPK dalam melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan mempertimbangkan jumlah TPS yang ada di Kecamatan tersebut,"ujarnya , Jumat (26/4/2019).

Benyamin yang juga mantan Komisioner KPU Kabupaten Karo tiga kali berturut-turut itu mengemukakan, bila jumlah 1 hingga 200 TPS pada kecamatan itu dapat dilaksanakan paling lambat 5 hari.

"Bila jumlahnya 201 sampai 400 TPS dapat dilaksanakan paling lama 10 hari, jumlah 401 hingga 600 TPS dapat dilaksanakan paling lama 15 hari," katanya.

Sementara itu, lanjut Benyamin bila jumlahnya lebih dari 600 TPS dapat dilaksanakan paling lama 17 hari.

Sebagai contoh, sebut Benyamin di Kota Medan, sebagai seperti di Kecamatan Medan Baru terdapat 128 TPS dari 6 Kelurahan, Kecamatan Medan Maimun 165 TPS dari 6 Kelurahan dan Kecamatan Medan Polonia 147 TPS dari 5 kelurahan.

Berdasarkan hasil pantauan di tiga kecamatan tersebut, lanjut Benyamin, yang jumlah TPS nya kurang dari 200 ternyata belum dapat menyelesaikan rekapitulasi sesuai dengan Surat Edaran KPU RI tersebut.

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved