Makan Coklat Secara Teratur Bisa Meningkatkan Kecerdasan, Ini Penyebabnya!

Saat masih kecil, kita kerap kali dilarang untuk mengonsumsi banyak makanan manis, termasuk coklat.

Makan Coklat Secara Teratur Bisa Meningkatkan Kecerdasan, Ini Penyebabnya!
Shutterstock/Shaiith
Cokelat 

TRIBUN-MEDAN.com - Saat masih kecil, kita kerap kali dilarang untuk mengonsumsi banyak makanan manis, termasuk coklat.

Padahal, siapa yang tahu jika mengonsumsi makanan satu ini ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitif juga, lho!

Hal tersebut diungkapkan oleh para ilmuan. Mereka percaya bahwa makan cokelat bisa bermanfaat untuk kemampuan kognitif.

Sebuah ulasan dari University of L'Aquila di Italia menemukan bahwa menikmati sedikit cokelat hitam setiap hari mampu meningkatkan fokus, kemampuan memproses sesuatu, ingatan, hingga kemampuan verbal.

"Asupan kakao dan cokelat secara teratur memang bisa memberikan efek menguntungkan pada fungsi kognitif dari waktu ke waktu," kata Valentina Socci dan Michele Ferrara, penulis ulasan yang telah diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition.

Manfaat itu diperoleh dari cocoa flavanols, senyawa dalam cokelat hitam yang juga ditemukan dalam apel, pir, dan anggur.

Hasil ini didapatkan para peneliti, setelah mereka mengamati pola hidup orang lanjut usia yang mengonsumsi cokelat secara teratur.

Dalam beberapa kasus, ini bahkan hanya membutuhkan waktu selama tiga bulan.

Mereka menemukan bahwa cokelat membantu mencegah kepikunan.

“Jika Anda melihat mekanisme yang mendasarinya, flavanol dalam kakao memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan jantung dan dapat meningkatkan volume darah otak Struktur ini sangat dipengaruhi oleh penuaan dan karena itu sumber potensial pemikunan yang disebabkan oleh usia," kata para penulis.

Mengonsumsi kakao dan cokelat secara teratur memang bisa memberikan efek menguntungkan pada fungsi kognitif seiring waktu. Namun, tetap saja ada efek sampingnya.

Coklat juga mengandung jumlah kalori, juga senyawa kimia yang terkandung, seperti kafein dan theobromine, dan berbagai bahan aditif seperti gula atau susu.

Jadi, pada dasarnya, Anda harus disarankan mengonsumsi coklat hitam.

“Coklat hitam adalah sumber flavanol yang kaya. Jadi kami selalu makan cokelat hitam. Setiap hari, "kata Socci dan Ferrara.

(cr12/tribun-medan.com)

Penulis: Sally Siahaan
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved