Peparprov NPC Sumut 2019 Resmi Dimulai, Gubernur Ingin Atlet Harumkan Daerahnya

Acara diawali dengan parade (defile) kontingen dari 18 Kabupaten dan kota, yang diiringi dengan marching band

Peparprov NPC Sumut 2019 Resmi Dimulai, Gubernur Ingin Atlet Harumkan Daerahnya
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Sejumlah peserta Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Sumatera Utara I tahun 2019, saat mengikuti pembukaan di GOR Futsal Disporasu, Jalan Willem Iskandar, Pancing Kamis (2/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) Sumatera Utara I tahun 2019, secara resmi dibuka di GOR Futsal Disporasu, Jalan Willem Iskandar, Pancing Kamis (2/5/2019).

Acara diawali dengan parade (defile) kontingen dari 18 Kabupaten dan kota, yang diiringi dengan marching band dan pasukan pembawa bendera pataka.

Ajang multi event bagi atlet difabel ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumut diwakili staf ahli bidang Ekonomi, keuangan, pembangunan, Aset, dan SDA Elisa Marbun.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dalam sambutan yang dibacakan Elisa Marbun, mengatakan bahwa Peparprov merupakan langkah baik yang dilakukan NPC Sumut dalam rangka menjaring atlet difabel terbaik dari seluruh kabupaten dan kota. Apalagi, melalui Peparprov ini merupakan tahap seleksi menuju Peparnas 2020 di Papua.

“Saya berharap seluruh atlet bisa memberikan prestasi terbaik dan membawa nama harum bagi masing – masing kabupaten dan kota. Selain ajang pembibitan dan pembinaan atlet dan bersaing menjadi yang terbaik, namun untuk membuktikan keterbatasan tidak menjadi halangan untuk berprestasi,” kata Gubsu.

Pemprovsu berkomitmen akan terus mendukung seluruh program NPC Sumut ke depan terutama dalam rangka pembinaan atlet berprestasi, yang nantinya bisa membawa nama harum daerah bahkan Indonesia di event nasional dan internasional. Maka, Gubsu berharap event ini tidak hanya menjadi agenda rutin tiap tahun, namun juga sebagai tolok ukur panjringan atlet potensial yang akan dibina secara berkesinambungan.

“Gubernur Sumut siap membantu NPC program dalam rangka pembinaan atlet disabilitas. Harapan ke depan Sumut bisa bertahan masuk dalam tiga besar nasional. Prestasi Indonesia di tingkat internasional harus lebih baik, karena saat ini banyak atlet Sumut yang telah menjadi atlet nasional,” pesan Gubsu.

Sementara ketua NPC Indonesia Senny Marbun melalui wakil ketua I Rio Suseno  mengapresiasi pelaksanaan Peparprov NPC Sumut yang sangat bagus untuk melahirkan atlet–atlet baru sebagai pelapis dari atlet senior. Menurutnya, bukan tidak mungkin atlet yang berlaga di Peparprov kali ini akan membela Indonesia di Event internasional seperti yang sudah dilakukan seniornya saat ini.

“Saat ini ada 23 atlet Sumut yang berada di pelatnas untuk membela Indonesia dalam waktu dekat di ASEAN Paragames 2020 Filipina. Ini menandakan bahwa Sumut salah satu penyumbang atlet terbanyak untuk Indonesia. Berarti pembinaan atlet di daerah berhasil,” ucapnya.

Meski Peparprov tidak hanya berlangsung di Sumut, namun NPC Indonesia mengaku kagum dengan pelaksanaan di Sumut, karena atlet yang berada di pelatnas tidak ikut serta. Hal ini tentu memberikan kesempatan bagi atlet baru untuk bisa unjuk kemampuan pada peparprov tahun ini.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved