News Video

Begini Proses Pemantauan Hilal di Observatorium Ilmu Falak UMSU Bersama BMKG Medan

Persiapan berupa pengecekan, kesiapan untuk pengamatan hilal. Saat ini kita masih bersiap-siap untuk melakukan pengamatan.

Begini Proses Pemantauan Hilal di Observatorium Ilmu Falak UMSU Bersama BMKG Medan
TRIBUN MEDAN/M FADLI TARADIFA
Kepala Observatium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Arwin Juli Rahmadi saat memantau Hilal, Minggu (5/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan Ramadan 1440 H yang dilakukan oleh Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bersama BMKG Kota Medan, yang berada di lantai tujuh Gedung Pasca Sarjana UMSU Jalan Denai, Tegal Sari Medan Denai, Minggu (5/5/2019).

Dari pantauan www.tribun-medan.com terlihat beberapa staff OIF sibuk menyiapkan beberapa teleskop yang digunakan nantinya untuk melihat hilal.

Gedung Pasca Sarjana UMSU yang berlantai tujuh ini memiliki ketinggian 30 meter dari atas permukaan laut, tanpa ada halangan dari gedung yang lain.

Kepala Observatorium Ilmu Falak Arwin Juli Rahmadi menjelaskan, sebenarnya ini adalah kegiatan rutin bukan hanya pada bulan Ramadan dan Syawal namun setiap bulan tetap dilakukan.

"Sebenarnya ini agenda rutin kita ya. Namun khusus bulan ini, dalam hal ini, awal bulan Ramadan ini lebih istimewa lagi. Karena ini terkait dengan momen ibadah yakni bulan puasa," ujarnya usai melihat Hilal dengan teleskop.

"Persiapan berupa pengecekan, kesiapan untuk pengamatan hilal. Saat ini kita masih bersiap-siap untuk melakukan pengamatan. Yang mana tim berada di posisi masing-masing. Hal tersebut untuk mengoperasionalkan teleskop yang sudah disiapkan oleh masing-masing tim," sambungnya, Jumat (5/5/2019).

Lebih lanjut dijelaskan Arwin, ketinggian Hilal sudah pada posisi lima derajat.

"Seperti kita tahu, bahwa keberadaan atau posisi astronomis Hilal pada hari ini berada pada posisi ketinggian sekitar 5 derajat dari sejak terbenamnya matahari. Sehingga dengan ketinggian ini dan dengan sudut ini sudah cukup besar, mudah-mudahan cuaca hari ini akan mendukung, jadi Hilal bisa diamati," ungkapnya.

Pada pemantauan Hilal tersebut diselenggarakan oleh pemerintah Kota Medan dan pihak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan menghadirkan tokoh agama serta ormas Islam.

Pada pemantauan tersebut akan menggunakan Teleskop Bresser Messier AR 152 S di lantai VII, Gedung Observatorium Ilmu Falak, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

(cr23/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved