Breaking News:

Aktivitas Gunung Sinabung Masih Dalam Kategori Normal walau Sempat Erupsi setelah 'Tidur' 10 Bulan

Kepala Pos PGA Sinabung Deri Al Hidayat, mengatakan berdasarkan data perekaman yang mereka lakukan, belum tercatat adanya aktivitas erupsi lanjutan.

Penulis: Muhammad Nasrul |
Tribun Medan/Muhammad Nasrul
Aktivitas Gunung Sinabung Masih Dalam Kategori Normal walau Sempat Erupsi setelah 'Tidur' 10 Bulan. Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung yang Deri Al Hidayat, mengecek aktivitas gunung di Pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Kecamatan Simpangempat, Rabu (8/5/2019). 

Aktivitas Gunung Sinabung Masih Dalam Kategori Normal walau Sempat Erupsi setelah 'Tidur' 10 Bulan

TRIBUN-MEDAN.com - Selama kurun waktu 24 jam pasca erupsi kemarin, saat ini aktivitas Gunung Sinabung masih terbilang fluktuatif.

Kepala Pos PGA Sinabung Deri Al Hidayat, mengatakan berdasarkan data perekaman yang mereka lakukan, belum tercatat adanya aktivitas erupsi lanjutan. 

"Kita hanya mendata adanya aktivitas kegempaan tektonik dan kegempaan hembusan. Kalau untuk yang lain masih belum terdata dan fluktuatif," ujar Deri, di Pos PGA Sinabung, Jalan Kiras Bangun, Kecamatan Simpangempat, Rabu (8/5/2019).

Dirinya mengungkapkan, untuk dua kegempaan tersebut tidak mempengaruhi atau menjadi tanda-tanda erupsi. Dirinya menjelaskan, untuk kegempaan tektonik dipengaruhi oleh pergeseran lempengan bumi.

Sementara kegempaan hembusan, merupakan pelepasan gas dari dalam gunung.

"Sampai saat ini memang belum ada tanda-tanda pemicu erupsi," katanya. 

Deri menjelaskan, usai erupsi kemarin hingga saat ini visual gunung masih belum terlihat jelas. Mulai kemarin puncak Sinabung masih tertutup kabut, yang cukup tebal hingga mencapai setengah badan gunung. 

 

THR 2019 - Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran 2019 PNS-TNI-POLRI, BKN Ungkap Kepastian Pencairan

Bayi Baru Lahir Ditemukan Dalam Mesin Cuci setelah Lima Hari, Selamat karena Menangis Kelaparan

ROMAHURMUZIY TERBARU - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Penuhi Panggilan KPK terkait Kasus Suap

"Jadi kami belum bisa lihat dan memastikan kawah bekas erupsi kemarin, apakah kawah baru atau lama," ucapnya. 

Dirinya menyebutkan, aktivitas yang saat ini ada di dalam gunung sebenarnya masih terbilang normal. Karena dari kegempaan-kegempaan tersebut, menunjukkan pergolakan yang ada di dalam perut gunung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved