Jelang Libur Lebaran, Walhi Minta Pemerintah Peka Potensi Bencana

Apalagi libur Lebaran 2019 akan tiba sehingga semua pihak harus saling bersinergi mengantisipasi dampak bencana

Jelang Libur Lebaran, Walhi Minta Pemerintah Peka Potensi Bencana
TRIBUN MEDAN/Arjuna Bakkara
Foto Ilustrasi: Bencana 

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR-Ketua DPRD Samosir Risma Simarmata dan Direktur Executif Wahana Lingkungan Hidup (walhi) berkomentar soal potensi longsor di Samosir. 

DPRD Samosir Risma Simarmata mengatakan akan berkordinasi dengan jajaran Pemkab Samosir. 

Apalagi libur Lebaran 2019 akan tiba sehingga semua pihak harus saling bersinergi mengantisipasi dampak bencana.

"Seperti menjelang Lebaran 2019, yang pasti kesiapan itu ada. Semua akan dipersiapkan," terangnya menanggapi kondisi tebing-tebing yang rawan longsor ujarnya di Samosir, Selasa (8/5/2019)

Begitu juga dengan sejumlah pemukiman warga yang berada di areal rawan, dia mengaku akan berkordinasi lebih lanjut dengan Pemkab Samosir. Ditanya, bagaimana bentuk kordinasi apakah semacam penyuluhan tanggap bencana Risma akan menyampaikan point tersebut ke BPBD Samosir.

Berbeda dengan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumut, Dana Tarigan. Dana beranggapan, Pemerintah malah kurang peka bencana.

"Yang disesali terkadang pemerintah kurang peka, setelah semua dulu terjadi peristiwa baru repot,"kritiknya.

Agar tidak sempat terjadi, Dana menganjurkan Pemerintah lebih baik mencegah sejak awal sehingga tidak sampai memakan korban. Apalagi, jika sudah sempat terjadi dampak yang mengena adalah perokonomian masyarakat terganggu, dan transportasi masyarakat juga.

Dana menyarankan agar Pemerintah jeli melihat lahan kritis. Dana menilai, kejadian bencana hidrometeorologis di Indonesia semakin meningkat akibat penggundulan hutan yang tentunya juga berdampak terhadap ketersediaan air bersih.

"Dan yang lebih penting harus jeli melihat lahan kritis. Jadi, jangan sepele melihat pohon yang tidak tumbuh lagi",jelasnya.

Menurut Dana, sebaiknya Pemerintah secepatnya melakukan penghijauan dan membina nasyarakat agar mengikuti langkah tersebut.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved