Bantah Menikmati Uang Korupsi, Thamrin Ritonga dan Istri Menangis Minta Hukuman Ringan

Thamrin Ritonga dengan pidana penjara 5 tahun denda Rp 200 juta subsider 4 bulan.

Bantah Menikmati Uang Korupsi, Thamrin Ritonga dan Istri Menangis Minta Hukuman Ringan
TRIBUN MEDAN/VICTORY HUTAURUK
Orang kepercayaan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Thamrin Ritonga dituntut pidana penjara 5 tahun denda Rp 200 juta subsider 4 bulan di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (9/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Jaksa KPK menuntut orang kepercayaan Bupati Pangonal, Thamrin Ritonga dengan pidana penjara 5 tahun denda Rp 200 juta subsider 4 bulan di Pengadilan Tipikor Medan, Kamis (9/5/2019).

Jaksa KPK Mayhardi Indra Putra menuntut terdakwa dengan pasal subsider utama dengan Pasal 12 huruf a UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Hal yang memberatkan terdakwa adalah tidak mendukung kinerja pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dari kolusi korupsi dan nepotisme," tuturnya.

Sedangkan hal yang meringankan bahwa jaksa KPK tidak menemukan bahwa terdakwa menikmati uang hasil korupsi Pangonal sebesar Rp 42.280.000.000 serta SGD 218.000 dari pengusaha Efendy Sahputra alias Asiong

"Terdakwa mengaku terus terang dan menyesali perbuatannya. Juga Terdakwa tidak menikmati uang hasil kejahatan yang dilakukannya tersebut," cetus Jaksa.

Seusai sidang, Thamrin menyatakan dirinya hanya bisa pasrah karena dirinya tak mengerti apa yang terjadi karena tidak ada menerima uang korupsi.

"Saya hanya bisa pasrah aja sama yang Maha Kuasa, aku tidak berdaya, terserah orang itu lah bagaimana kemauan orang itu. Aku nggak paham dalam aturan, ku serahkan sama yang Kuasa aja," cetusnya sambil berlinang air mata.

Ia bahkan mengakui ini adalah nasib sial yang didaptnya karena membantu koruptor.

"Aku udah nasib ku ini. Dia yang minta tolong sama ku, orang itunya itu, aku nampak ku pun tidak uang itu," cetusnya.

Bahkan istri terdakwa, Intan juga merasa aneh apa yang menjerat suaminya sehingga harus dituntut 5 tahun penjara.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved