Pembangkit Listrik Ini Tiba-tiba Rusak, PLN Minta Maaf Waktu Sahur Terganggu

PLN meminta maaf atas ketidaknyamanannya dalam penggunaaan listrik di waktu subuh ini.

Pembangkit Listrik Ini Tiba-tiba Rusak, PLN Minta Maaf Waktu Sahur Terganggu
(Tribun Medan/Dedy Sinuhaji )
Foto Ilustrasi: Listrik Padam. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sejumlah wilayah di Sumatera Utara mengalami pemadaman listrik pada Kamis (9/5/2019) dini hari atau menjelang umat Islam makan sahur Ramadan. 

Berdasarkan catatan www.tribun-medan.com, pemadaman terjadi berkisar dua jam lebih. Bahkan hingga pukul 06.00 WIB di wilayah Kecamatan Medan Denai Kota Medan, listrik masih padam. 

Di Medan Denai, Listrik baru hidup kembali pada pukul 06.10 WIB.

Di Media sosial facebook juga terpantau, cukup banyak warga Kota Medan dan sekitarnya mengungkapkan rasa kecewa terhadap pemadaman listrik yang terjadi pada subuh hari tersebut.

Terkait keluhan dan kekecewaan yang dialami warga tersebut, PLN Sumatera Utara menyampaikan permohonan maaf.

Manager Komunikasi PLN Wilayah Sumatera Utara Rudi Artono menjelaskan, beberapa Pembangkit seperti PLTU Nagan Raya 1 dan 2, PLTU Pangkalan Susu 2, PLTGU Belawan, ST 2.0, PLTG Marine Vessel Power Plant dan Belawan, serta PLTD AKE mengalami trip atau padam terpaksa dan harus dilakukan recovery dengan waktu yang cukup lama.

"Sedang dilakukan pemulihan bertahap, mohon maaf jika waktu sahur menjadi terganggu," ujar Rudi via WhatsApp.

Baca: Siapkan 300 Posko, PLN Siagakan Petugas 24 Jam selama Ramadan

Manager Komunikasi PLN Wilayah Sumut, Rudi Artono (kiri) saat mendampingi Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut, Taufik Hidayat (tengah) memberikan penjelasan tentang kesiapan PLN menghadapi Bulan Ramadan.
Manager Komunikasi PLN Wilayah Sumut, Rudi Artono (kiri) saat mendampingi Senior Manager Distribusi PLN UIW Sumut, Taufik Hidayat (tengah) memberikan penjelasan tentang kesiapan PLN menghadapi Bulan Ramadan. (TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA)

Ia menyebut kerusakan terjadi pada Current Transformer (CT), peralatan yang mengubah besaran arus dari besar ke kecil ataupun sebaliknya sesuai kebutuhan yang diperlukan dengan arus 150kV.

Menurutnya, pemulihan sudah dilakukan pada Pukul 03:26 WIB pada Pembangkit Listrik Island Inalum yang sudah Sinkron dengan Subsistem SBU.

Kemudian pada pukul 03:44 WIB Semua Gardu Induk di Aceh sudah recover dan dapat beroperasi kembali.

"PLN berupaya cepat dalam memulihkan sistem kelistrikan di Sumbagut dan PLN meminta maaf atas ketidaknyamanannya dalam penggunaaan listrik di waktu subuh ini. Kami maksimalkan sebelum beraktivitas pagi, seluruh sistem kelistrikan Sumbagut bisa pulih kembali," ucapnya.

(fer/tribun-medan.com)

Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved