Pemerasan Rp 30 Juta, Kepling Johor Kamaruddin Kaloko Pasrah Divonis Empat Tahun Penjara

Hakim juga membebankan denda Rp 200 juta dengan subsider 1 bulan kurungan dengan pasal 12 huruf e tindak pidana korupsi.

Pemerasan Rp 30 Juta, Kepling Johor Kamaruddin Kaloko Pasrah Divonis Empat Tahun Penjara
TRIBUN MEDAN/VICTORY HUTAURUK
Kepling Kelurahan Pangkalan Mansyur, Medan Johor, Kamaruddin Kaloko hanya bisa tertunduk saat divonis 4 tahun penjara oleh Hakim Ketua Ferry Sormin di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (9/5/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepling Kelurahan Pangkalan Mansyur, Medan Johor, Kamaruddin Kaloko hanya bisa tertunduk saat divonis 4 tahun penjara oleh Hakim Ketua Ferry Sormin di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (9/5/2019).

Selain itu, Hakim juga membebankan denda Rp 200 juta dengan subsider 1 bulan kurungan dengan pasal 12 huruf e tindak pidana korupsi.

"Dengan ini Mengadili dan menyatakan terdakwa Kamaruddin terbukti melakukan perbuatan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," sebut Hakim dalam amar putusan.

Hakim Ferry menerangkan bahwa terdakwa sebagai penyelenggara negara telah melawan hukum menyalahgunakan kekuasaannya memaksa seseorang membayar dalam pengurusan ganti rugi tanah.

Terdakwa yang mengenakan kemeja batik cokelat lengan panjang dengan kopiah ini tampak lesu dan hanya bisa menatap wajah hakim saat pembacaan amar putusan.

Beberapa kali Kamaruddin hanya bisa melihat ke arah Pengacaranya dan termenung sambil menundukkan kepala.

Seusia pembacaan putusan terdakwa setelah berdiskusi dengan pengacanya Sri dari LBH Menara Keadilan menyatakan menerima putusan hakim tersebut.

Seusia sidang, Tribun mencoba berbincang dengan terdakwa atas tanggapannya terhadap putusan tersebut.

Ia menyebutkan bahwa dirinya hanya pasrah dan mengaku cukup atas putusan tersebut.

"Sudahlah kita terima aja. Kalau ditanya cukup dengan tidak cukupnya maunya kan kita mau yang seringan-ringannya, jadikan ini udah putusan, ya sudahlah. Terima, kita terima saja," cetus Kamaruddin.

Halaman
1234
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved