Mintai Warga Rp 5 Juta untuk Pengurusan SK Tanah, Kadus Desa Pematang Sei Baru di OTT, Kades Ditahan

Tersangka ditangkap dalam kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kasus pungutan liar (Pungli) pengurusan surat keterangan (SK) tanah

Mintai Warga Rp 5 Juta untuk Pengurusan SK Tanah, Kadus Desa Pematang Sei Baru di OTT, Kades Ditahan
Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya
Mintai Warga Rp 5 Juta untuk Pengurusan SK Tanah, Kadus Desa Pematang Sei Baru di OTT, Kades Ditahan. Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu menunjukkan barang bukti satu buah kwitansi dan uang tunai senilai Rp 5 juta hasil kejahatan pungli pengurusan Surat Keterangan Tanah yang dilakukan Kadus XII Desa Pematang Sei Baru, Kecamatan Sungai Kepayang, Asahan bernama Ahmad Khazali (bersebo) di Mapolres Asahan, Sabtu (11/5/2019). 

Mintai Warga Rp 5 Juta untuk Pengurusan SK Tanah, Kadus Desa Pematang Sei Baru di OTT, Kades Ditahan

TRIBUN-MEDAN.com - Petugas Sat Reskrim Polres Asahan mengamankan seorang Kepala Dusun XII, Desa Pematang Sei Baru, Kecamatan Sungai Kepayang, Asahan bernama Ahmad Khazali pada Rabu (8/5/2019) malam.

Tersangka ditangkap dalam kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kasus pungutan liar (Pungli) pengurusan surat keterangan (SK) tanah yang diajukan warganya.

"Info pungli ini sudah lama, hanya masih ada kendala teknis di lapangan, sehingga baru 8 Mei dilakukan OTT," kata Kapolres Asahan, AKBP Faisal F Napitupulu di Mapolres Asahan, Jalan Lintas Sumatera, Kisaran, Sabtu (11/5/2019).

Penangkapan itu berawal dari laporan seorang masyarakat yang dimintai uang sebesar Rp 5 juta untuk kepentingan pengurusan surat tanah atas nama Sultoni sejak 8 Oktober 2018 lalu.

Selanjutnya petugas melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan tersangka di rumahnya saat hendak menerima uang pungli dari korban.

"Bahwa masyarakat yang akan mengurus surat penerbitan keterangan kepemilikan tanah dimintai uang sebesar 5 juta. Jika tidak diberi, maka surat keterangan tanah tidak jadi," sebutnya.

RESMI, Pemilu2019.kpu.go.id: Hasil Real Count KPU Selisih Suara Jokowi vs Prabowo Terbaru Minggu Ini

BERITA KESEHATAN: Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Menjalankan Ibadah Puasa, Cara Bersihkan Lidah

TERKUAK Oknum Anggota TNI di Kasus Vera Oktaria, Prada DP Kabur dari Komando Latihan Tempur 8 Hari

 Selain menemukan barang bukti uang tunai, petugas juga mendapati satu buah buku kwitansi yang di dalamnya tertulis "uang lima juta untuk infaq pondok pesantren Tahfiz Quran Pematang Sei Baru tertanggal 8 Mei 2019".

Dari tangan tersangka ditemukan juga satu buah SK tanah bernomor 590/15/PSB/SKT/2019 tanggal 18 Januari 2019 milik Sultoni dan juga dua telpon seluler masing-masing milik tersangka dan korban.

Dinas Koperasi UKM Kota Medan Buka Stan di Ramadan Fair

 Bingung Cari Tempat Berlibur saat Lebaran Nanti? Coba Kunjungi 6 Destinasi Wisata Berikut Ini

"Setelah menjalani pemeriksaan tersangka mengaku melakukan pungli atas perintah Kades Pematang Sei Baru berinisial HP," ujar mantan Kapolres Nisel tersebut.

Maia Estianty Pamer Mesra Bersama Suami Irwan Mussry, Nginap di Resort Eksotis nan Mewah

Nagita Slavina Tantang Pengasuh Rafathar Belanja Sepuasnya, Kaget saat Lihat Barang yang Dibeli

KLASEMEN MOTOGP 2019 - Jadwal Lengkap MotoGP 2019 seri ke-5, Valentino Rossi di Urutan ke-4

Lebih lanjut Faisal menambahkan, atas keterangan tersangka itu, maka saat ini Kades Pematang Sei Baru masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Asahan.

REMAJA Putri Jadi Budak Syahwat Oknum Ketua RT, Bibi Korban Ternyata Terlibat, selalu Antar Jemput

Raditya Dika Siapkan Makan Malam Romantis untuk Sang Istri, Undang Chef ke Rumah

"Untuk keterlibatan kades masih dalam penyelidikan. Mengenai penahanan kades masih menunggu hasil pemeriksaan," pungkasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved