Rekapitulasi Suara pada Tiga Kecamatan Terlalu Lama, Ini Penjelasan KPU Deliserdang

Yang pasti lama itu karena jumlah TPS nya cukup banyak karena wilayahnya juga besar. Untuk di Kecamatan Percut Seituan saja jumlah TPS itu ada 1250.

Rekapitulasi Suara pada Tiga Kecamatan Terlalu Lama, Ini Penjelasan KPU Deliserdang
TRIBUN-MEDAN/ FATAH BAGINDA GORBY
FOTO ILUSTRASI. Suasana Rekapitulasi tingkat provinsi di Santika Dyandra Hotel. (FATAH BAGINDA GORBY) 

TRIBUN-MEDAN.com - Komisioner KPU Deliserdang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Syahrial Effendy menyadari bahwa Deliserdang menjadi salah satu kabupaten yang lama di Sumut menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu tingkat kabupaten.

Ia menyebut banyak faktor mengapa Deliserdang menjadi lama sehingga belum bisa dibawa ke tingkat Provinsi.

"Yang pasti lama itu karena jumlah TPS nya cukup banyak karena wilayahnya juga besar. Untuk di Kecamatan Percut Seituan saja jumlah TPS itu ada 1250. Sampai Minggu sore ini belum juga selesai. Kalau untuk Tanjung Morawa dan Sunggal sore atau malam ini sudah selesai semualah diperkirakan. Kalau sudah selesai baru kita plenokan di Kabupaten,"kata Syahrial Minggu, (12/5/2019).

Faktor lain yang dianggap mengapa rekapitulasi untuk 3 Kecamatan lama selesainya adalah karena terlalu banyaknya kotak suara yang dibuka. Disebut kotak suara dibuka atas kesepakatan masing-masing pihak untuk menyingkirkan daya yang ada.

"Kalau kotak suara dibuka untuk satu kotak suara saja bisa memakan waktu 1,5 jam. Ini yang juga membuat mengapa kemudian bisa lama,"kata Syahrial.

Berdasarkan laporan yang masuk padanya untuk di Kecamatan Percut Seituan dari 20 Desa dan Kecamatan yang ada baru 15 saja yang selesai direkapitulasi. Sementara untuk 5 Desa/Kelurahan masih dalam proses seperti Desa Bandar Khalipah, Desa Bandar Klippa, Desa Bandar Setia, Desa Tembung dan Kelurahan Kenangan.

Sementara itu Komisioner KPU lainnya, Mulianta Sembiring berpendapat lamanya rekapitulasi tingkat Kecamatan ini menandakan kalau ini adalah Proses Demokrasi yang cukup tinggi dinamikanya untuk mendapat perolehan yang benar-benar dan signifikan dan tidak ada yang dirugikan.

Hingga kini rekapitulasi yang belum selesai dilakukan oleh KPU Deliserdang ada tiga Kecamatan lagi. Selain Kecamatan Tanjung Morawa, juga Kecamatan Sunggal dan Percut Seituan. Sementara untuk 19 Kecamatan lain sudah selesai dilakukan.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved